nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Makna dan Harapan Christine Hakim di Hari Ibu

Blenda Azaria, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 16:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 23 196 1995122 ini-makna-dan-harapan-christine-hakim-di-hari-ibu-U6FmZcn4GH.jpg Christine Hakim di CFD Jakarta Minggu pagi (23/12/2018) (Foto: Blenda/Okezone)

BANYAK pesan dan makna yang bisa kita ambil dari perayaan Hari Ibu. Tentang pengorbanan seorang ibu, kasih sayang ibu, dan peran pentingnya dalam keluarga.

Hari ibu diperingati untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan sekaligus menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu yang telah banyak berkorban, mulai dari mengandung, melahirkan, dan merawat anak-anak bangsa.

Christine Hakim, aktris senior sekaligus aktivis Tanah Air punya pendapatnya sendiri mengenai hari perayaan yang jatuh tiap 22 Desember ini. Christine mengaku, walaupun tidak memiliki anak biologis, banyak ‘anak ideologis’-nya yang sudah menganggap Christine sebagai sosok ibu sendiri. Menurutnya, sosok ‘ibu’ bukan berarti harus ibu biologis atau ibu kandung.

 (Baca Juga:Unggahan '"Pulang" Bani Seventeen Sebelum Terkena Tsunami, Netizen: Dia pun Benar-Benar Pulang)


“Buat saya pasti hubungan biologis itu punya arti yang besar sekali dalam menjalin ikatan batin dengan anak-anaknya. Tapi, ada saatnya kita tahu persis di mana peran kita, seperti saya punya anak ideologis, tetap saja saya harus menjadi ‘ibu’ untuk mereka,” ungkapnya saat ditemui Okezone dalam acara bertajuk ‘Peluk Ibu Satu Indonesia’ yang diadakan di Car Free Day Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/12/2018).

Selanjutnya, Christine mengungkapkan harapannya untuk para perempuan di Indonesia, khususnya seorang ibu.

“Saya hanya berharap perempuan Indonesia menyadari betul perannya sebagai perempuan dalam kutip sebagai ibu. Allah SWT sudah menitipkan hamba-Nya lahir dari rahim seorang ibu, jadi luar biasa sekali, betapa mulianya perempuan di mata Allah SWT,” lanjutnya.

 (Baca Juga:Ini Daftar Pantai dan Hotel yang Terdampak Tsunami di Lampung)

Lalu, pemain film ‘Pasir Berbisik’ ini juga menyampaikan pendapatnya mengenai kesetaraan gender. “Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi meminta kesetaraan gender kalau kita tahu persis bahwa perempuan sudah dimuliakan Allah. Jadi tidak perlu setara karena kita punya tugas-tugasnya masing-masing,” ujar aktris yang memiliki nama asli Herlina Christine Natalia Hakim itu.

“Dalam tugasnya masing-masing itu kita punya kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh laki-laki. Sebenarnya dalam beberapa hal kita lebih dari laki-laki. Jangan merendahkan diri kita sendiri dengan kesetaraan gender. Laki-laki juga punya kelebihan, oleh karena itu Allah ingin kita hidup berdampingan,” tambahnya lagi.

Christine sendiri mengaku merayakan Hari Ibu bersama ibunda dan saudara-saudaranya. “Di rumah ada acara kumpul sama para saudara dan keponakan sampai malam. Acaranya adalah surprise-in mama saya, yang biasa dipanggilnya Oma,” ujarnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini