nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca Tsunami Selat Sunda, Ini Tips Sehat Selama di Pengungsian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 19:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 23 481 1995169 pasca-tsunami-selat-sunda-ini-tips-sehat-selama-di-pengungsian-PeNrw30EVG.jpg Pasca tsunami di Banten (Foto: Rescue Perindo)

GELOMBANG pasang mendadak melanda daerah pesisir Selat Sunda. Banten dan Lampung mendapat imbas dari bencana ini.

Bencana ini tentunya menjadi duka bagi Indonesia. Karena bencana ini, 222 orang meninggal dunia dan 843 orang luka-luka. Korban selamat pun segera mendapatkan pertolongan.

Mereka yang selamat menjadi prioritas penyelamatan. Sebisa mungkin, korban selamat mendapatkan pertolongan yang memadai, termasuk pengungsian yang layak.

Bicara mengenai korban bencana, ada baiknya mereka tetap memerhatikan kesehatan dirinya sendiri. Ini berkaitan dengan keselamatan nyawa dan juga meminimalisir korban akibat bencana alam.

 (Baca Juga:Pasca Tsunami di Banten, IDI: Korban Terbanyak Butuhkan Penanganan Ortopedi dan Trauma)

Untuk itu, ada baiknya para korban bencana tsunami Banten dan Lampung memperhatikan hal-hal berikut ini guna menjaga kesehatan selama di tempat pengungsian. Dilansir Okezone dari APIC, berikut penjelasannya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah kebersihan. Cuci tangan sesering mungkin harus dilakukan. Sebab, apapun yang disentuh tangan akan menjadi sumber penyakit di kemudian waktu. Salah satunya masalah infeksi.

Jika sabun dan air belum tersedia dengan cukup, Anda bisa menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

 (Baca Juga:Ini Daftar Pantai dan Hotel yang Terdampak Tsunami di Lampung)

Kemudian, Anda juga mesti memastikan bahwa sumber makanan tersedia cukup. Jika makanan sudah tersedia, pastikan juga bahwa makanan tersebut jauh dari kotoran, karena bagaimana pun itu akan masuk ke tubuh Anda dan jika kotor akan menyebabkan masalah pencernaan.

Hal yang tidak kalah penting adalah jika Anda memiliki luka karena berlarian atau membentur benda tumpul, pastikan luka tersebut diobati dengan benar. Jauhkan juga dari faktor yang memperparah kondisi seperti air kotor atau jika lukanya berupa patah tulang pastikan untuk tidak melakukan banyak aktivitas.

Selain semua itu, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah pastikan anak-anak tidak bermain di kubangan air. Ini dimaksudkan agar tidak ada penyebaran peyakit kulit yang membahayakan. Bagaimana pun kebersihan dan kesehatan tubuh akan menjadi penting saat bencana datang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini