nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kelebihan Perempuan Dibanding Laki-Laki yang Sulit Dikenali

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 24 Desember 2018 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 24 481 1995560 4-kelebihan-perempuan-dibanding-laki-laki-yang-sulit-dikenali-ecxyHw5VRZ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Menurut kebanyakan orang, perbedaan antara laki-laki dan perempuan tidak terlalu besar. Di balik kelembutan sikap dan penampilannya, seorang perempuan menyimpan kekuatan yang besar.

Peggy Drexler, seorang psikolog riset dan asisten profesor psikologi di Weill Medical College, Cornell University, dalam sejarah hidupnya ia telah banyak menganalisis perbedaan dan persamaan dalam jenis kelamin. Jika dilihat secara umum memang kita semua memiliki perasaan, dan kebutuhan yang sama-sama harus dipenuhi.

Namun, Drexler menemukan bahwa laki-laki dan perempuan pada umumnya berbeda dalam cara mereka mengekspresikan emosi, menyelesaikan konflik, berkomunikasi, dan mengalami penyesalan. Para peneliti juga menemukan bahwa tubuh laki-laki dan perempuan memiliki beberapa karakteristik yang cukup unik, seperti beberapa hal berikut dilansir dari The List, Senin (24/12/2018).

Sistem kekebalan tubuh wanita lebih kuat

Pernahkah Anda merasa heran mengapa seorang ibu yang sedang terserang flu masih bisa mengantarkan anak-anaknya ke sekolah, pergi bekerja, dan memasak di rumah? Selain sebagian dari tanggung jawabnya, ternyata hal ini memang suatu kekuatan dari fisik perempuan.

 (Baca Juga:Saudari Kembar Ini Buktikan Diet Bisa Sembuhkan Jerawat)

Marcus Altfeld, seorang ahli imunologi di Heinrich Pette Institute di Hamburg, Jerman mengatakan tubuh wanita memiliki sistem kekebalan yang sangat cepat dan kuat. Pada beberapa orang, sistem kekebalan tubuh bertindak berlebihan dan dapat menimbulkan penyakit. Perempuan jauh lebih mungkin daripada laki-laki untuk mengembangkan penyakit autoimun dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 

Kemampuan mendengar

Menurut penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana (via ScienceDaily), perempuan menggunakan kedua sisi otak mereka untuk mendengar sedangkan laki-laki hanya satu. Jadi ketika Anda menuduhnya karena tidak mendengarkan suatu pembicaraan, berarti perempuan tersebut sedang tidak menggunakan kedua sisi otaknya.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang menderita kelelahan akibat stres adalah hipersensitif terhadap kebisingan, sehingga dapat menyebabkan suara yang dihasilkan tidak normal dan menyakitkan bagi pendengar.

 (Baca Juga:Balita Jadi Mandul Setelah Dokter Salah Mengoperasi Testisnya)

Inda penciuman

Satu studi bahkan menunjukkan bahwa wanita dapat mengingat dan meningkatkan kemampuannya dalam mendeteksi bau ketika terkena aroma yang baru ditemukannya dua sampai tiga kali, sedangkan pria tidak bisa.

 

Penglihatan

Israel Abramov, seorang psikolog dan ahli saraf perilaku di Universitas Brooklyn, New York College Brooklyn, melalui penelitiannya ia menemukan bahwa visi pria dan wanita berbeda. Dalam satu penelitian, Smithsonian melaporkan, ahli saraf dan timnya menemukan bahwa laki-laki lebih mampu melihat jeruji, karena semakin tidak jelas. Melalui studi lain, Abramov juga menemukan bahwa wanita lebih baik dalam membedakan gradasi halus di tengah spektrum warna.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini