nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dapat Surat Ancaman seperti Ruben Onsu? Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini

Romeldo Christian, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 07:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 25 196 1995606 dapat-surat-ancaman-seperti-ruben-onsu-jangan-panik-lakukan-5-hal-ini-14sEpW9nXL.jpg Ruben Onsu dapat surat ancaman (Foto:Okezone)


KEBAHAGIAAN dan keharmonisan rumah tangga bukanlah faktor yang memengaruhi terhindarnya sebuah keluarga dari ancaman atau teror. Perbuatan baik kepada orang juga bukan faktor pendukung untuk menjauhkan diri dari ancaman.

Ibu PNS Siap Ngasih Duit Buat Netizen Doyan Komentar, Mau?

Belum lagi jika Anda merupakan seorang yang dikenal oleh masyarakat luar seperti Ruben Onsu. Lelaki yang merupakan suami dari Sarwenda ini baru saja mendapatkan surat yang diduga berisikan nada ancaman.

Hal seperti ini pasti akan mengganggu kehidupan Anda secara total. Ketakutan adalah hal yang wajar. Bahkan karena ancaman ini, akan ada beberapa yang yang trauma. Akan tetapi, cobalah untuk tidak terlarut dalam ketakutan untuk waktu yang lama.

Jangan Sepelekan Emak-Emak Berdaster, Kalau Sudah Dandan Kelar Hidup Lo!

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan jika mengalami hal yang sama dengan Ruben? Berikut Okezone lansir dari WikiHow pada Selasa (25/12/2018) bagaimana cara menyikapi surat ancaman yang tidak diketahui pengirimnya

1. Telaah

Saat Anda mendapat surat ancaman, tentunya yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah menelaah dan mengerti maksud dari surat tersebut. Cobalah untuk menelaah apakah surat tersebut benar-benar berisi sebuah ancaman.

 

2. Baca situasi

Cobalah mencari tahu apakah ancaman tersebut akan terjadi dalam waktu dengan. Lalu, mengapa pula Anda diancam. Mengevaluasi keadaan akan berguna untuk mencari tahu hal-hal yang lebih detail apa yang diinginkan oleh orang penhirim surat dari Anda.

3. Lihat ruangan

Coba perhatikan ruangan sekitar. Perhatikan baik-baik tempat dimana Anda menemukan surat tersebut. Jika terdapat kamera pengintai, cobalah mencari tahu isi atau rekaman yang terjadi beberapa saat sebelum Anda menemukan surat tersebut.

 

4. Beri tahu teman

Jangan sampai Anda menindaklajuti hal-hal seperti ini. Cobalah ceritakan kekhawatiran tentang surat ancaman kepada teman yang Anda percaya. Teman pastinya akan membantu dalam segala hal, baik itu materi maupun moral.

5. Lapor

Hal yang pasti harus untuk dilakukan adalah melapor ke.pihak berwenang. Pelaporan ini pun sebaiknya dilakukan dari pihak paling dekat dengan wilayah dimana Anda menerima surat sampai ke kepolisian. Cobalah untuk memberi tahu RT di lingkungan Anda lalu lapor polisi.

Memberi tahu RT tentang hal ini juga akan membantu tetangga Anda. Tentunya RT akan meningkatkan keamanan dan memberi imbauan kepada warga lain untuk berhati-hati.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini