nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Menu Sajian Makan Malam dari Penjuru Dunia, Indonesia Makan Apa Ya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 15:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 25 298 1995782 5-menu-sajian-makan-malam-dari-penjuru-dunia-indonesia-makan-apa-ya-tlhDXw4Q3b.jpg Hidangan Natal di Berbagai Negara (Foto: Mashed)

HARI ini, Selasa 25 Desember 2018 seperti rutin di tahun-tahun sebelumnya, di mana para umat Kristiani tengah asyik merayakan Hari Natal.

Yang namanya hari raya, begitupun dengan Natal pasti erat kaitannya dengan suguhan berbagai menu makanan lezat yang biasanya memang hanya hadir di momen spesial, seperti Natal.

Jika selama ini yang namanya menu sajian makan malam perayaan Natal, lekat dengan yang namanya suguhan daging kalkun dengan kentang tumbuk. Setiap negara ternyata memiliki sajian menu makan malam Natal yang berbeda-beda loh.

Penasaran kan apa saja menu sajian makan malam Natal dari berbagai penjuru dunia? Melansir Mashed, Selasa (25/12/2018) berikut ulasan beberapa di antaranya di bawah ini.

Filipina

Pada Malam Natal (atau Noche Buena), keluarga-keluarga di Filipina biasanya menghadiri kebaktian gereja tengah malam dan kemudian pulang untuk pesta mewah. Salah satu daya tarik utama dari pesta Natal Filipina adalah menu lechon, babi utuh yang dipanggang hingga kulitnya berubah warna menjadi merah, renyah, dan lezat tentunya. Untuk yang tidak bisa membeli babi, biasanya bisa diganti dengan menu ham dan queso de bola (keju Edam). Hidangan utama lainnya, spageti yang unik karena menggunakan gula, keju dan hot dog merah di dalamnya.

Finlandia

Di Finlandia, ikan adalah makanan pokok orang Finlandia, jadi tidak heran jika makanan laut memainkan peran utama dalam pesta salah satunya pesta Natal. Hidangan utama saat makan malam Natal di Finlandia, biasanya hidangan ikan salmon yang dapat disajikan dengan cara diasap atau sebagai gravlax, hidangan gula dan garam yang disajikan. Selain salmon, hidangan makanan laut lainnya disajikan termasuk powan, lutefisk (cod kering), acar herring, dan telur ikan. Bukan hanya sajian ikan, hidangan Natal populer lainnya di Finlandia adalah ham panggang, di mana ham dipanggang lalu dimakan bersama mustard buatan sendiri.

3. Jepang

Menu perayaan Natal di Jepang bisa dikatakan cukup unik, mengingat Jepang secara tradisional bukanlah negara yang merayakan Natal sebab dua agama atau keyakinan mayoritas di Jepang adalah Budha dan Shinto. Di Jepang, sebagai menu hidangan Natal pada 25 Desember, banyak orang di Jepang merayakannya dengan memakan ayam goreng dari restoran cepat saji ternama, KFC. Sekitar 3,6 juta orang dikatakan biasanya memesan ayam di KFC pada hari libur.

4. Australia

Merayakan Natal di Australia, biasanya dilakukan dengan cara memasak di luar menggelar barbekyu dan menikmati cuaca hangat. Sebagai menu, biasanya udang menjadi bagian besar dari menu Natal. Makanan laut sangat populer sehingga Sydney Fish Market menyelenggarakan marathon seafood 36 jam tahunan di mana vendor akan tetap buka dalam kurun waktu selama 36 jam. Begitu juga saat malam Natal sehingga pengunjung bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk pesta Natal. Selain itu, buah mangga juga disebutkan sebagai bagian dari tradisi di Australia. Maka tak heran banyak yang akan mengonsumsi daiquiri mangga sambil menyiapkan makan malam.

5. Puerto Rico

Karena Puerto Rico adalah negara kepulauan, maka dari itu makanan laut atau seafood telah lama menjadi makanan pokok di negara ini. Itulah mengapa banyak hidangan makanan laut disajikan pada hari libu, termasuk dalam perayaan Natal. Hidangan Natal di Puerto Rico biasanya yaitu bacalaitos fritos con bacalao guisado yakni ikan asin garam dengan cod salsa atau tostones con camarones guisados, sajian ikan plaintain dengan udang rebus. Untuk hidangan penutup, ada kue krim raspberry yang dicuci dengan coquito.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini