nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Perbedaan antara Suki ala Thailand, Singapura dan Jepang

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 08:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 25 298 1995871 ternyata-ini-perbedaan-antara-suki-ala-thailand-singapura-dan-jepang-GVeO9LGsKL.jpg Seperti ini perbedaan antara suki Thailand dan Jepang (Foto: Myweekendtreat)

HIDANGAN suki sudah lama masuk ke Indonesia, khususnya kota besar yang dinamis seperti Jakarta. Kota di mana segala jenis kuliner asing dari berbagai negara di penjuru dunia, telah tersedia.

Tapi tidak bisa dipungkiri, jika kita mendengar kata hidangan suki, biasanya yang terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah hidangan suki ala Singapura dengan kuah bercita rasa asam dan pedas, dan juga suki ala Jepang. Padahal, salah satu negara tetangga Indonesia, Thailand juga mempunyai kuliner hidangan suki loh.

Sajian suki ala Thailand, secara umum memang bahan-bahannya kurang lebih sama dengan isian yang dipakai oleh hidangan suki ala Jepang ataupun Singapura. Mulai dari jenis sayur dan juga aneka suki yang dipakai. Namun hidangan suki ala Thailand, menghadirkan sedikit perbedaan untuk bagian daging.

BACA JUGA:

Jatuh Cinta dengan Cowok Capricorn? Intip 5 Cara Menaklukkan Hatinya

Ternyata, untuk suki ala Thailand salah satu jenis daging yang ditawarkan adalah kepala ikan salmon alias Salmon Head serta dua jenis makanan laut yaitu Head Squid dan Giant Shrimp. Namun, perbedaan mencolok yang mana sekaligus menjadi keunggulan dari hidangan suki ala Thailand ini, sebagaimana diterangkan oleh Sobari, selaku Head Kitchen dari Nahm Thai Suki & BBQ Summarecon Mal Serpong, terletak di kuah kaldunya.

Berbeda dengan hidangan suki sejenisnya yang biasanya hanya menyediakah kuah Tom Yum dan kuah Kaldu, suki ala Thailand menyajikan varian kuah Green Curry, kuah rasa kari namun berwarna hijau.

“Perbedaan sekaligus menjadi keunggulan dari suki Thailand, menurut saya ada di kuahnya ya. Green Curry ini. Kuah Green Curry ini punya cita rasa kombinasi gurih dan pedas, beda kan sama kuah Tom Yum yang cita rasanya asam dan pedas. Nah, si kuah kari ini hadir dengan rasa gurih yang kuat, istilahnya ‘mengangkat’ lah,” tutur Sobari saat ditemui Okezone, dalam acara ‘Grand Opening Nahm Thai Suki & BBQ” di Summarecon Mal Serpong, Tangerang Selatan.

BACA JUGA:

Aneka Keseruan Perayaan Natal di Berbagai Negara Asia, Mulai dari Korsel hingga Jepang

Dijelaskan lebih lanjut, secara konsistensi kuah kari hijau ini juga berbeda dengan konsistensi dua jenih kuah rebusan lainnya. “Kuah green curry ini teksturnya, konsistensinya agak kental. Beda sama tekstur kuah kaldu dan tom yum, rasanya pun lebih strong,” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini