nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aneka Keseruan Perayaan Natal di Berbagai Negara Asia, Mulai dari Korsel hingga Jepang

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 19:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 25 406 1995812 aneka-keseruan-perayaan-natal-di-berbagai-negara-asia-mulai-dari-korsel-hingga-jepang-RxXSugGlf2.jpg Perayaan Natal di Korea Selatan (Foto: Nextshark)

SEMARAK perayaan Natal memang biasanya dirayakan dan digelar begitu meriah di negara-negara Barat. Begitu juga dengan negara-negara Asia tidak kalah meriah dalam merayakan Natal loh.

Di beberapa negara di benua Asia, mulai dari Asia Tenggara hingga Asia Timur , Hari Natal juga dilakukan secara meriah dan semarak. Ingin tahu seperti apa keseruan perayaan Natal di berbagai negara di Asia? Berikut di bawah ini pemaparan singkat perayaan Natal di berbagai negara Asia, seperti diwarta Nextshark, Selasa (25/12/2018).

Filipina

Negara-negara dengan populasi umat Kristen yang besar seperti Filipina mempersiapkan perayaan Natal berbulan-bulan sebelumnya. Dimulai pada 1 September adalah saat penghitungan mundur ke Natal dimulai. Adat istiadat ini merupakan campuran dari tradisi Filipina barat dan asli. Di sisi barat, ada Santa Claus, pohon Natal, kartu, dan lagu-lagu Natal. Salah satu dekorasi paling populer di Filipina adalah parol, yakni tiang bambu atau bingkai dengan lentera bintang yang menyala di atasnya untuk mewakili bintang para Wise Men. Kebanyakan orang terjaga sepanjang malam pada Malam Natal ke Hari Natal, dengan orang-orang Kristen menghadiri "Simbang Gabi" atau misa Malam Natal diikuti oleh pesta tengah malam yang disebut Noche Buena.

 

India

Natal adalah hari libur nasional di negara ini karena pengaruh Inggris dan liburan pertengahan tahun akademik. Di India, dalam merayakan Natal biasnaya orang-orang akan menanam pohon untuk merayakan “Badaa Din” atau Big Day, nama lain untuk Natal, di India Utara. Di India, bukan pohon cemara yang dijadikan sebagai pohon Natal namun melainkan pohon pisang atau mangga yang didekorasi.

Untuk menu makanan, sajian makanan populer bisa berupa daging kalkun panggang atau ayam. Lalu ditambah dengan makanan penutup yang terkenal di Goa, neureos, kue-kue goreng kecil dengan buah kering dan kelapa, dan dodol, mirip dengan toffee dengan kelapa dan kacang mete di dalamnya.

Korea Selatan

Di Negeri Ginseng, Korea Selatan, Hari Natal dirayakan sebagai hari libur Nasional karena agama Kristen adalah agama utama di Korea Selatan. Uang diberikan sebagai hadiah, kartu dibagikan dan jembatan di atas Sungai Han di Seoul diterangi oleh dekorasi lampu-lampu. Seoul sebagai ibu kota biasanya menghadirkan pertunjukan cahaya lainnya selain lampu di jembatan di pusat kota. Hidangan yang populer di Korea Selatan dalam perayaan Natal, ialah Christmas, yakni kue bolu yang dilapisi krim yang dibeli dari toko roti lokal atau Baskin-Robbins.

China

 

Di China, hari Natal dianggap sebagai hari bekerja sebagai biasanya. Perayaan Natal diadakan sebagai urusan pribadi antara keluarga dan teman. Di sini, ada sebuah tradisi yang populer adalah pemberian apel pada Malam Natal. Kata apel dalam bahasa Mandarin, píngguǒ, terdengar seperti kata untuk perdamaian, yang mirip dengan terjemahan Malam Natal, Ping'an Ye, yang berarti malam yang damai atau hening.

Jepang

 

Mengingat agama Kristen tidak menjadi mayoritas di negara ini, dikatakan hari raya Natal dirayakan lebih dalam bentuk komersial. Orang Jepang biasanya akan makan "kue Natal" yang merupakan kue bolu dengan krim kocok dan beberapa buah sebagai topping. Alih-alih Santa Claus, ada "Hoteiosho," seorang lelaki tua dengan karung besar dan mata di belakang kepalanya. Pertukaran hadiah biasanya berlangsung antara pasangan pada Malam Natal, yang lebih dirayakan daripada Hari Natal itu sendiri. Sementara itu, menu makanan yang populer untuk dimakan adalah ayam goreng, salah satunya yakni ayam goreng dari restoran n cepat saji KFC yang menyediakan para pelanggan untuk melakukan pemesanan lebih dahulu jauh hari sebelum Natal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini