nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Baik untuk si Tukang Gosip, Ini 5 Dampak Baik Bergosip di Kantor!

Adinda Harum, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 26 196 1996025 kabar-baik-untuk-si-tukang-gosip-ini-5-dampak-baik-bergosip-di-kantor-P0jBQTsn8W.jpeg Bergosip ternyata dampak baiknya (Foto: Thenextweb)

Saat berkumpul bersama teman atau keluarga memang sulit rasanya untuk tidak membicarakan orang lain. Kegiatan membicarakan orang lain atau bergosip ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit dijauhkan, namun ternyata hal ini dapat memberikan manfaat yang positif loh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harris Interactive, telah mensurvei 1.500 orang dewasa, ternyata gosip di tempat kerja menempati urutan teratas dengan perolehan 60% responden.

Nah, berikut Okezone akan mengulas lima manfaat bergosip di tempat kerja yang tak terduga, seperti yang dilansir dari Psychologytoday, Rabu (26/12/18).

Keluarkanlah beban di pikiran Anda

Deborah Beroset, seorang ahli komunikasi, mengatakan bahwa kadang-kadang keinginan untuk bergosip tidak sepenuhnya tentang orang yang membuat Anda kesal, tetapi ini juga bisa terjadi karena situasi yang tertekan saat berkerja. Gosip dapat menjadi kesempatan untuk menilai alasan yang mendasari situasi yang terjadi.

Apakah Anda merasa terlalu banyak bekerja atau kurang dihargai? Apakah ini benar-benar kesalahan rekan kerja Anda? Terkadang meminta perubahan di lingkungan kerja adalah masalah sebenarnya.

Dapat mengajak berkerja sama

Tujuan bergosip adalah agar terciptanya kerja sama dan kepercayaan dengan orang lain. Para peneliti di Universitas Stanford menemukan bahwa ketika orang belajar tentang perilaku orang lain melalui gosip, mereka sering bertukar informasi untuk membantu mereka dalam mencapai tujuan.

(Baca Juga: 5 Tampilan Ovi Eks Duo Serigala yang Baru Pindah Keyakinan, Cantik Berfoto di Pohon Natal)

Bisa mengurangi stres

Menurut penelitian Stanford, manfaat lain dari gosip adalah meredakan kecemasan loh. Dalam sebuah penelitian bahwa menyebarkan informasi tentang seseorang yang Anda lihat berperilaku buruk membuat Anda merasa lebih baik dan menenangkan rasa stres yang mendorong Anda untuk bergosip. Hal ini dibuktikan bahwa ketika orang-orang melihat seseorang berperilaku buruk, detak jantung mereka meningkat cepat.

Ketika mereka kemudian menceritakan atau mendiskusikan hal tersebut dengan orang lain, detak jantung mereka mulai kembali normal. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari kebiasaan bergosip, karena membantu menghilangkan rasa stres dan pikiran negatif.

tukang Gosip

Mengubah prilaku menjadi baik

Tidak semua gossip berarti negatif. Para peneliti di Universitas Groningen di Belanda menemukan bahwa mendengar cerita-cerita bagus tentang orang lain memberikan motivasi untuk perbaikan diri loh, bahkan ketika bergosip, sering kali ada hasil positif bagi mereka yang menjadi "sasaran."

Studi ini, yang diterbitkan dalam Buletin Kepribadian dan Psikologi Sosial , menemukan bahwa ketika orang tahu orang lain mungkin bergosip tentang mereka, mereka lebih cenderung belajar dari pengalaman buruk dan mereformasi perilaku mereka dengan bekerja sama lebih banyak dalam pengaturan kelompok di masa depan.

(Baca Juga: Pulang Kampung ke Inggris, Polly Alexandria Tulis Ini untuk Suami)

Memberikan pemeriksaan realitas.

Ini bukan menganjurkan Anda untuk melakukan gosip, tetapi tidak ada yang salah dengan mendapatkan cek realitas. "Jika Anda ingin tahu apakah orang lain memiliki pengalaman yang sama, Anda dapat bertanya dengan tidak menuduh apakah ada orang lain yang mengalami fenomena yang sama," kata psikolog klinis Andrea Andrzejczak dari Grosse Pointe, Michigan.

(hel)

Berita Terkait

Manfaat Bergosip

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini