nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Dessert Natal Lezat dari Seluruh Penjuru Dunia, Bikin Kamu Lupa Diri!

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 26 298 1996160 10-dessert-natal-lezat-dari-seluruh-penjuru-dunia-bikin-kamu-lupa-diri-bpXJR3nfch.jpg Dessert Natal dari Skotlandia yang menggugah selera (Foto: Instagram)

Setiap negara punya tradisi makanan hari rayanya tersendiri. Misalnya, di Indonesia, kita kerap menyantap ketupat dan opor saat Idul Fitri, atau di Amerika Serikat yang menyajikan hidangan kalkun saat peringatan Thanksgiving.

Berbeda hari raya, berbeda pula hidangannya. Begitu pula yang terjadi di perayaan natal. Hari raya natal dan tahun baru merupakan momen spesial di setiap negara. Oleh karena itu, masing-masing negara memiliki menu makanan natal yang berbeda-beda, tergantung budayanya.

Dilansir dari Brightside, berikut menu dessert natal dari berbagai negara:

1. Prancis

Di Perancis, mereka biasa memakan “yule log” (bûche de noël). Dessert ini merupakan olahan roti gulung yang berasal dari tradisi Abad Pertengahan, ketika orang akan membakar kayu saat Natal.

Biasanya, dessert ini dipanggang dalam oven dan dihias sedemikian rupa sehingga tampilannya akan mengingatkanmu pada bentuk kayu gelondong. Tak lupa mereka juga menaburkan gula tabur di atasnya yang mirip seperti salju.

dessrt

2. Inggris

Bulan Desember adalah waktu ketika setiap keluarga Inggris menyantap puding natal. Makanan penutup ini dimasak beberapa minggu sebelum natal dan disimpan dalam tempat yang dingin. Menu ini dihidangkan pada hari pertama libur Natal.

Biasanya, puding ini disajikan dengan buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan lemak babi.

dessert

3. Islandia

Di Islandia, mereka akan memasak sebuah kue pie yang disebut vínarterta. Menu ini juga dikenal dengan sebagai ‘striped lady cake’ karena kue ini terdiri dari banyak lapisan.

Dessert ini dibuat dari lapisan almond atau biskuit rasa kapulaga dan selai plum. Selai ini juga mengandung rempah-rempah seperti kayu manis, vanilla, dan cengkeh. Vínarterta biasanya disajikan bersama dengan kopi.

dessert

4. Skotlandia

Orang-orang Skotlandia sangat menyukai makanan yang manis-manis. Setiap hari raya, mereka selalu menyajikan dessert manis sebagai hidangan. Nah, saat natal, mereka akan membuat puding, kue apel, dan membuat cranachan — sebuah dessert dengan krim. Cranachan juga mengandung oatmeal goreng dengan krim, whiskey, madu, dan raspberry. Dessert ini dihidangkan dalam gelas.

Bahkan biasanya, di restoran, pembeli bisa meracik cranachan-nya sendiri, para pelayan hanya akan menyiapkan bahan-bahannya di atas meja.

dessert

5. Irlandia

Di atas meja orang Irlandia, kamu bisa menemukan dessert yang tidak biasa, yaitu Guinness cake. Walau pun kombinasi ini terdengar luar biasa, kue ini akan dimasak dengan bir hitam. Walau begitu, dessert ini sama sekali tidak pahit.

Dessert

6. Australia

Di Australia, hari natal tiba di tengah musim panas. Inilah sebabnya mengapa dessert yang mereka buat tidak ada hubungannya dengan musim dingin. Dessert ini berupa biskuit manis yang disebut ‘rocky road’, dan terbuat dari cokelat, susu, dan marshmallow. Hidangan ini kadang-kadang dibuat juga sebagai cupcakes dengan es krim.

dessert

7. Meksiko

Di Amerika bagian Selatan dan Tengah, mereka memiliki kue yang sangat populer bernama tres leches. Mereka memakai 3 jenis susu untuk membuatnya: susu evaporasi, susu kental, dan krim kental.

dessert

8. Portugal

Sulit membayangkan natal di Portugal tanpa bolo rei cake tradisional mereka. Kue ini adalah simbol musim di Portugal dan disajikan sepanjang bulan Desember hingga 6 Januari. Kue ini berbentuk mahkota dengan buah manis dan kacang-kacangan di atasnya.

dessert

9. Yunani

Melomakarona adalah dessert natal khas dari Yunani. Dessert ini adalah cookies manis dengan madu.

dessert

10. Italia

Saat natal, kamu bisa menyicipi panettone or pandoro di Italia. Panettone adalah pie buah yang ringan dan manis. Versi romantis dari asal muasal dessert ini mengatakan bahwa seorang murid tukang roti menciptakannya untuk orang yang ia cintai.

Sedangkan Pandoro adalah roti ragi manis yang berbentuk seperti piramida dan dibuat di Verona.

Dessert

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini