Dipukul, Pria Ini Alami Katarak Berbentuk Bintang

Hanizha Fatma, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 26 481 1996268 dipukul-pria-ini-alami-katarak-berbentuk-bintang-EasYjRBlUG.jpg Katarak berbentuk bintang (Foto:Thesun)

KATARAK membuat lensa mata menjadi keruh sehingga cahaya tidak dapat menembusnya. Penyakit ini memiliki variasi sesuai dengan tingkatannya. Mulai dari sedikit sampai keburaman total.

Berbicara tentang katarak, seorang pria di India mendapatkan katarak berbentuk bintang yang aneh di mata kirinya setelah dipukul dalam perkelahian. Dia mengembangkan sesuatu yang dikenal sebagai “katarak rosetta,” yang berarti bahwa kerutan lensa yang terlihat seperti bintang. Katarak seperti ini hanya bisa dilihat dengan peralatan khusus.

 5 Tampilan Ovi Eks Duo Serigala yang Baru Pindah Keyakinan, Cantik Berfoto di Pohon Natal

Kejadian yang sangat langka ini telah ditulis dalam jurnal BMJ Case Report.

Katarak yang lebih cenderung dialami oleh orang tua karena seiring bertambahnya usia, dan protein yang ditemukan dalam lensa mata mulai menggumpal. Orang-orang muda hanya cenderung mengembangkannya jika mereka mengalami hal seperti yang terjadi pada pria ini.

 

Penulis jurnal tersebut yaitu Dr Rohan Singh, dia mengatakan bahwa pria tersebut terlibat perkelahian dan dipukul disisi kiri wajahnya, disekitar area kuil dan tidak langsung di mata. Dia juga mengatakan bahwa pria tersebut menderita katarak roset karena dampak fisik dari pukulan di wajahnya yang menghasilkan gelombang kejut yang menyebar melalui tulang-tulang di pelipisnya dan ke mata kirinya. Katarak cenderung terjadi jika memiliki cedera kepala ataupun mata.

Gelombang kejut ini dapat mengganggu susunan serat atau protein yang biasa ditemukan dalam lensa, dan pada akhirnya akan menyebabkan “keruhan” atau kerutan, lensa menjadi roset atau berpola seperti bintang atau yang biasa dikenal dengan katarak.

 Rayakan Galungan 5 Selebriti Kompak Pakai Baju Adat Bali, Tetap Modis!

Katarak roset sangat jarang dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, kamu memerlukan peralatan khusus untuk bisa melihatnya. Pria dalam kasus ini bahkan tidak mengetahui jika dia menderita katarak sampai dia berkunjung ke dokter.

Jika dia tidak melakukan pengobatan, keruhan itu akan terus tumbuh dan pada akhirnya akan mengaburkan pengelihatan dan memperburuk fungsinya. Hal pertama yang dialami setelah dipukul dalam perkelahian tersebut yaitu kemerahan, rasa sakit, dan penglihatan yang buruk, dan akan semakin memburuk sekitar enam jam setelah pukulan yang diterima.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini