nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uang Asli untuk Mahar Bisa Kena Denda Rp1 M, Pengantin Ini Pilih Kain Kafan sebagai Mahar

Pisca Azalea, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 27 194 1996607 uang-asli-untuk-mahar-bisa-kena-denda-rp1-m-pengantin-ini-pilih-kain-kafan-sebagai-mahar-3BFjDPLTd9.jpg Kain Kafan Dijadikan Mahar (Foto: Facebook)

PERNIKAHAN merupakan momen penting dalam kehidupan seseorang. Ini menjadi salah satu rangkaian untuk memulai kehidupan baru bersama pasangan. Dalam pernikahan tentunya banyak sekali perencanaan yang harus di pertimbangkan mulai dari resepsi pernikahan, tamu undangan, hingga mahar yang harus diberikan kepada mempelai wanita.

Dalam ajaran agama Islam, mahar atau biasa disebut dengan mas kawin menjadi salah satu syarat wajib dalam pernikahan. Mahar sendiri merupakan barang atau sesuatu yang diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai syarat sah pernikahan dan menjadi bentuk keseriusan mempelai pria.

Kreasi mahar yang sering digunakan pada pernikahan adalah mahar uang kertas yang dilipat, disusun, dan dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi hiasan dalam frame.

Namun, tahukah kamu dengan melipat-lipat uang dapat menyalahi aturan dalam undang-undang lho? Dan bisa dapat ancaman pidana yakni 5 tahun penjara atau denda sebesar Rp1 miliar. Oleh karena itu, Bank Indonesia (BI) melarang masyarakat membuat kreasi mahar dengan uang asli karena dapat merusak uang kertas.

 BACA JUGA:

Begini Cara Setiap Zodiak Menghibur Kekasih yang Sedang Sedih, Virgo Paling Juara

Namun, Okezone telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa mahar unik selain menggunakan uang yang pernah ada di Indonesia, Kamis (27/12/2018).

Mahar kain kafan

 

Terkejut dan kedengarannya aneh bukan? Seperti yang kita tahu kain kafan adalah kain yang dipakai untuk membungkus mayat. Tapi kain kafan ini memang pernah dijadikan mahar oleh pasangan asal Bekasi, Jawa Barat. Saat ditanya mengapa meminta kain kafan sebagai mahar, mempelai wanitanya menjawab ketika dia meninggal, dia ingin menggunakan kain kafan dari mahar suaminya yang akan membungkus dan menemaninya di dalam kubur.

Mahar segelas air putih

 

Jika kisah sebelumnya menggunakan kain kafan sebagai mahar, yang ini juga tak kalah unik dan menarik yakni mahar segelas air putih. Momen pernikahan dengan mahar segelas air putih ini sempat diunggah di Facebook. Setelah akad pernikahan selesai, mahar segelas air putih itu pun langsung di minum oleh mempelai wanitanya.

 

Mahar knalpot motor

 

Kisah pasangan yang menggunakan knalpot motor sebagai mahar pernikahannya ini awalnya diunggah di Facebook dengan keterangan “karena senangnya dengan motor,nikah aja mas kawinnya kanlpot” dan kemudian kisah ini menjadi viral.

 BACA JUGA:

Viral Bocah Gagal Jadi Mermaid, Dikira Ikan hingga Mau Dimakan Kucing

Mahar saham

Pernah dengar kisah ini sebelumnya? Pernikahan pasangan Idunk dan Annisa ini juga terbilang unik sama seperti pasangan-pasangan sebelumnya yang tadi sudah disebutkan. Bagaimana tidak unik? Mahar pernikahannya yakni menggunakan saham perusahaan.

Sebenarnya mahar apa saja bisa kamu pilih dan itu tidak harus selalu mahal atau mewah yang penting bisa bermanfaat untuk pasanganmu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini