nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasutri Wajib Tahu, 5 Hal Sepele yang Bisa Menghindari Perceraian

Alma Dwi, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 19:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 27 196 1996739 pasutri-wajib-tahu-5-hal-selepe-yang-bisa-menghindari-perceraian-zseyFjouqo.jpg Hal sepele yang bisa menghindari perceraian (Foto: Readers Digest)

SETIAP pasangan pasti menginginkan pernikahannya bertahan lama. Pernikahan yang bahagia sampai akhir hayat tentu menjadi impian semua orang.

Memang, membangun bahtera rumah tangga tak semudah dibayangkan. Sebab, dalam ikatan suami-istri tak melulu diwarnai kebahagiaan, tapi juga penyesuaian, pengorbanan, perselisihan, bahkan tak jarang berujung perceraian.

Meskipun pertengkaran pasti terjadi pada setiap hubungan, namun jangan sampai hal itu berujung perceraian. Maka penting bagi Anda melakukan berbagai cara agar hubungan pernikahan bertahan lama. Lantas bagaimana caranya? Melansir Live About, Kamis (27/12/2018) berikut adalah tips agar pernikahan langgeng.

 BACA JUGA:

Viral Bocah Gagal Jadi Mermaid, Dikira Ikan hingga Mau Dimakan Kucing

Menjaga keintiman

Keintiman bukan melulu tentang seksual saja, tetapi juga tentang emosional. Keintiman tersebut adalah kedekatan mental dan fisik yang memungkinkan tidak dapat Anda lakukan dengan siapapun itu.

Ketika Anda dan pasangan sibuk bekerja dan mengejar banyak tuntutan setiap hari, keintiman dapat hilang dengan mudah. Maka luangkanlah waktu Anda untuk menjaga keintiman dengan pasangan.

 

Bangkitkan Gairah

Pasangan dalam pernikahan jangka panjang tentu akan berbagi hasrat untuk hidup dan gairah akan memanaskan itu dengan baik. Neurotransmitter tertentu di otak yang melonjak akan menghasilkan aliran dopamin, oksitosin, dan vasopresin, yang pada gilirannya meningkatkan perasaan senang, percaya, dan terangsang. Bangkitkan gairah Anda untuk menjaga perkawinan tetap kuat. Biarkan romansa tetap hidup dalam pernikahan Anda.

 

Selalu bersatu

Anda dan pasangan adalah sebuah kesatuan. Dalam kondisi senang maupun susah Anda dan pasangan harus saling bersatu dan menguatkan. Jangan biarkan orang lain membuat jarak antara Anda dan pasangan. Cobalah untuk menghindari ketergantungan finansial atau emosional pada orang lain. Bergantungan satu sama lain untuk solusi.

Saling komitmen

Dalam sebuah hubungan, Anda bukan sekedar kekasih tetapi Anda juga seorang sahabat. Dalam kehidupan rumah tangga, ada banyak hal yang akan dihadapi, jadi pastikan Anda berbagi satu sama lain. Luangkan waktu untuk pergi bersama sesekali untuk tertawa, bercanda, dan melakukan sesuatu yang Anda berdua sukai. Namun, perlu diingat juga kalau setiap orang memiliki privasi, jadi hormati itu dan pastikan Anda saling memberi.

 BACA JUGA:

Uang Asli untuk Mahar Bisa Kena Denda Rp1 M, Pengantin Ini Pilih Kain Kafan sebagai Mahar

Bertengkarlah dengan adil

Tidak ada pernikahan yang sempurna. Semua pasti pernah mengalami pertengkaran. Maka, pastikan Anda dan pasangan bertengkar dengan adil. Jangan mengungkit masa lalu dan jangan lari dari masalah. Turunkan ego masing-masing, berusaha mencari solusi, dan saling memaafkan.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini