Resolusi Tahun Baru Tidak Bertahan? Coba dengan Cara Ini!

Alma Dwi, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 27 196 1996781 resolusi-tahun-baru-tidak-bertahan-coba-dengan-cara-ini-qvyEakmfax.jpeg Ilustrasi (Foto: Beyourself)

Tinggal hitungan hari memasuki tahun baru. Jelang akhir tahun, biasanya sebagian besar individu bersiap dengan sederet resolusi yang akan diwujudkan di tahun depan. Tetapi, tak sedikit juga upayanya untuk mewujudkan resolusi gagal sebelum bulan pertama di tahun baru berakhir.

Sebuah penelitian menemukan bahwa empat dari lima orang pada akhirnya akan melanggar resolusi mereka. Studi lain melaporkan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Keduanya sepakat bahwa sekitar sepertiga dari resolusi tidak berhasil melewati bulan pertama.

Ada beberapa alasan mengapa resolusi seringkali membuat seseorang kecewa. Pertama, orang meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Kedua, orang cenderung membuat daftar panjang dari kebiasaan besar yang ingin mereka ubah.

Namun, jangan khawatir masih ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar resolusi tahun baru bisa bertahan sebagaimana dilansir dari Forbes, Kamis (27/12/2018).

 (Baca Juga:Tampak Harmonis, Ahli Bahasa Tubuh Ungkap Kate Middleton & Meghan Markle Cuma Akting)

Mulai dengan niat

Daripada membuat resolusi besar yang memberatkan, mulailah dengan niat harian, mingguan, bahkan bulanan. Selain itu, praktikkan juga sikap bersyukur. Menetapkan niat untuk memperbaiki diri akan lebih berkelanjutan jika kita menyebarkan upaya ini sepanjang tahun. Selain itu, dengan melakukan sesuatu dengan niat, Anda kan lebih menghormati usaha dan proses bukan hanya hasil.

 

Mulai dari sekarang

Kalau tujuan adalah tentang masa depan, maka niat tentang masa kini. Maka, mulailah niat dari sekarang. Bulatkanlah niat yang dimulai dengan penuh perencanaan. Ada tiga metode yang bisa dilakukan.

Pertama, beri waktu untuk menilai dan mengevaluasi diri, kedua buatlah diri rileks dan luangkan pikiran untuk memikirkan apa yang dituju. Terakhir, buatlah pilihan tentang niat untuk hari, minggu, atau bulan itu.

 (Baca Juga:Inilah S Legend, Ikan Koi Termahal di Dunia yang Dibanderol Rp26 Miliar)

Melakukan tujuan dengan niat

Tujuan dapat memotivasi dan memberikan makna bagi kehidupan kita. Namun, ketika tujuan dilakukan dengan niat, hasilnya akan menjadi lebih baik. Melakukan tujuan dengan niat mendorong diri ke arah masa depan sambil menjaga prinsip diri yang sudah ditetapkan. Jadi, berfokuslah pada proses dan pada niat yang dilakukan untuk tujuan jangka panjang.

 

Biarkan hati dan pikiran bekerja bersama

Mewujudkan tujuan dengan niat tidak hanya tentang membangun keseimbangan antara masa depan dan masa kini, tetapi juga antara hati dan pikiran. Tujuan merupakan hasil dari pikiran dan niat cenderung berasal dari hati. Jika Anda melakukan praktiknya secara teratur sambil menetapkan niat, maka Anda dapat mendorong hati dan pikiran untuk bekerja bersama satu sama lain.

Tetap fokus pada apa yang dilakukan

Fokuslah dengan upaya-upaya yang Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan. Agar bisa membantunya, Anda bisa berbagi tujuan dengan orang lain. Ketika Anda menyatakan tujuan Anda kepada seseorang, Anda memastikan mereka akan ada di sana untuk menanyakan kemajuan Anda, dan untuk merayakan keberhasilan Anda. Namun, apa pun strategi yang Anda pilih, siapkan diri Anda untuk sukses mewujudkan resolusi tersebut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini