nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Kanker Darah, Penyebab Meninggalnya Dian Pramana Poetra

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 23:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 27 481 1996889 kenali-kanker-darah-penyebab-meninggalnya-dian-pramana-poetra-vm6r37xwtC.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MUSISI senior Tanah Air, Dian Pramana Poetra dinyatakan meninggal dunia pada Kamis malam (27/12/2018) karena mengidap kanker darah stadium 4. Penyakit ini mengakibatkan kesehatannya menurun dan tidak bisa melakukan aktivitas.

Kanker darah yang dialami Dian Pramana Poetra merupakan kanker yang menyerang sel-sel pembentuk darah. Penyakit yang umum terjadi akibat kanker darah adalah leukemia, myeloma, dan limfoma. Dilansir dari Webdmd, gejalanya biasanya datang perlahan dan tidak disadari. Bahkan, beberapa orang tidak merasakan gejalanya sama sekali.

(Baca Juga: Sebelum Meninggal Dunia, Kondisi Dian Pramana Poetra Sempat Membaik)

 (Baca Juga:Steve Emmanuel Pakai Kokain untuk Percaya Diri, Kenali Efek Bahayanya)

Kanker ini menyerang di dalam tulang sumsum yang merupakan tempat dibuatnya sel-sel darah. Hal ini menyebabkan tubuh Anda membuat sel darah putih di luar kendali dan hidup lebih lama dari yang seharusnya. Sel-sel kanker juga menghalangi pertumbuhan sel-sel darah sehat, sehingga tida tumbuh dan bekerja normal.

 (Baca Juga:Studi: Nonton Konser K-Pop Dapat Perpanjang Hidup hingga 10 Tahun)

Sel-sel kanker dapat menumpuk di kelenjar getah bening, amandel, hati, dan limpa. Jika Anda merasakan benjolan di leher atau ketiak, merasa kenyang walau baru makan sedikit, dan kehilangan berat badan drastis, cobalah periksakan diri ke dokter.

(Baca Juga: Dian Pramana Poetra Menangis Sebelum Meninggal Dunia)

Beberapa gejala kanker darah adalah anemia, memar tidak biasa, gusi berdarah, sering demam serta berkeringat di malam hari, hingga pendarahan atau munculnya titik-titik merah di kulit. Pada anemia, gejala yang muncul adalah mudah merasa lelah, sesak napas, pusing, kulit pucat, dan sakit dada.

Pada Dian Pramana Poetra, disebutkan sebelum meninggal kondisi fisiknya sempat meningkat. Namun, setelah pulang dari rumah sakit, Dian menghembuskan napas terakhir pada pukul 20.05 di kediamannya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini