nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 10:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 27 485 1996462 10-cara-mencegah-penyakit-menular-seksual-qAcnaecXJO.JPG

SEKS bebas merupakan gaya hidup yang mengancam generasi milenial. Tak heran jika banyak anak muda saat ini sudah merasakan sensasi berhubungan intim. Tentunya, hal ini sangat memprihatinkan, dimana kasus kehamilan di luar nikah semakin marak.

Tak hanya kasus kehamilan di bawah umur dan di luar nikah yang semakin bertambah, kasus penyebaran penyakit menular seksual (PMS) juga kian meningkat dengan adanya budaya seks pra nikah dan gonta ganti pasangan.

Kebiasaan inilah yang memicu terjadinya berbagai penyakit menular seksual yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentunya sebelum berhubungan seksual, ada baiknya Anda selalu memperhatikan semua risiko yang mengancam. Dalam artikel ini Okezone akan membahas 10 cara menghindari penyakit menular seksual sebagaimana dilansir Very Well Health.

1. Gunakan kondom


Seks yang lebih aman, adalah dengan menggunakan kondom, kondom wanita, sarung tangan, penghalang lain yang sesuai, hanya berfungsi jika Anda konsisten memakainya. Buatlah pikiran Anda untuk memiliki seks yang lebih aman setiap kali Anda berhubungan seks. Jika kehidupan seks Anda melibatkan hubungan seksual, anal atau vaginal, tentukan bahwa Anda tidak akan pernah berhubungan seks tanpa kondom.

Jika Anda atau pasangan Anda berisiko tinggi PMS, konsistenlah dengan penggunaan kondom selama seks oral. Memang cara ini tidak 100 persen melindungi dari penyebaran PMS, tetapi hal ini akan sangat mengurangi risiko.

2. Periksa kesehatan secara teratur

Bersikaplah konsisten untuk melakukan pengecekan dan pengobatan secara rutin. Anda dan pasangan harus benar-benar mempertimbangkan untuk diuji sebelum memasuki hubungan seksual. Jika satu atau Anda berdua berisiko tinggi terkena penyakit, Anda harus lebih sering melakukan pemeriksaan.

Jika Anda sedang dirawat untuk mengobati PMS, tunggulah sampai selesai dengan perawatan sebelum melanjutkan aktivitas seksual. Jika tidak, Anda dan pasangan bisa menularkan berbagai macam infeksi.

3. Berhubungan seksual hanya dengan satu orang

Orang yang berhubungan seks hanya dengan satu sama lain tidak memiliki peluang untuk membawa PMS baru ke dalam hubungan. Jika Anda dan pasangan telah diuji dan sehat, tetap setia satu sama lain adalah cara yang sangat baik untuk mengurangi peluang Anda terkena PMS. 

Namun, penting untuk jujur pada diri sendiri tentang apakah Anda dan pasangan benar-benar setia. Jika Anda selalu konsisten dalam mempraktekkan seks yang aman, bahkan dengan pasangan jangka panjang, Anda akan merasa lebih aman.

4. Ketahui batasan Anda

Ketika sedang dalam nafsu yang besar sangat sulit untuk menggunakan otak Anda. Sebelum Anda berkencan, pikirkan rencana Anda untuk malam ini. Jika ada kesempatan, apakah Anda ingin berhubungan seks? Apakah Anda merasa nyaman dengan bermain-main sedikit, tetapi tidak dengan seks oral atau hubungan seksual?. Buat keputusan yang rasional.

5. Berkomunikasilah dengan pasangan Anda


Jika Anda tidak dapat berbicara dengan pasangan tentang seks, Anda tidak dapat berbicara dengan mereka tentang seks yang lebih aman. Komunikasi yang jelas, terbuka, dan jujur adalah penting dalam semua aspek hubungan, termasuk seksual.

Dalam semua kasus, cobalah yang terbaik untuk fokus pada kebenaran yang bertentangan dengan apa yang Anda pikir ingin didengar oleh pasangan Anda. Meningkatkan keterampilan komunikasi Anda tidak hanya akan membuat kehidupan seks Anda lebih aman, itu akan membuatnya lebih memuaskan.

(Baca Juga: Keluarga Besar Seventeen Termasuk Mati Syahid, Ini Penjelasan Ahli Agama)

6. Tidak menggunakan obat-obatan sebelum berhubungan seks

Ketika Anda berada di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol, Anda lebih cenderung memilih untuk berhubungan seks dengan seseorang yang bukan pasangan resmi. Selain itu, Anda cenderung tidak dapat menegosiasikan seks yang lebih aman.

7. Jangan takut berkata tidak

Jika Anda tidak ingin berhubungan seks sama sekali itu bukanlah sebuah masalah. Seks bukanlah suatu hutang yang harus dibayar. Itu adalah sebuah pilihan bagi Anda untuk mengatakan ya pada seks, dan itu juga pilihan Anda untuk mengatakan tidak. Jangan berpura-pura tidak dan berharap pasangan Anda akan mencoba mengubah pikiran Anda.

8. Lebih responsif pada proteksi diri


Jika Anda akan berhubungan seks dengan seseorang, Anda harus siap. Ini bukan hanya masalah persiapan emosional, tetapi kepraktisan. Bawa perlengkapan seks Anda sendiri yang lebih aman. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda akan melakukan aktivitas ekstra. Jangan biarkan Anda frustrasi karena harus pergi dan membuang semuanya untuk menemukan toko yang masih terbuka dan menjual kondom. 

9. Tahu batasan dalam menempatkan diri

Kadang-kadang mustahil untuk melupakan seks dari pikiran Anda. Anda memikirkannya terus-menerus; Anda berfantasi tentang hal itu dan terus menginginkannya. Hal ini dapat membuat Anda tergoda untuk tidur dengan seseorang hanya untuk melakukan hubungan seks, bukan karena Anda menyukainya. Sayangnya, ini adalah cara yang akan berakhir dengan penyesalan.

Salah satu cara untuk menghindari ini, adalah dengan mengetahui bagaimana cara menyenangkan diri sendiri. Tidak ada yang salah dengan masturbasi. Tidak ada pasangan seksual yang lebih aman dari diri Anda.

10. Berpikirlah rasional untuk memiliki seks yang aman

Anda wajib memutuskan apa yang ingin dilakukan dan tidak dilakukan bersama pasangan . Keputusan untuk membuat kehidupan seks Anda lebih aman adalah langkah pertama dan terpenting dalam mengurangi risiko penyakit seksual menular (PMS).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini