Ini 6 Fakta dan Mitos Tahun Baru yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 29 Desember 2018 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 28 196 1997282 ini-6-fakta-dan-mitos-tahun-baru-yang-bikin-geleng-geleng-kepala-XjYeBcUjuC.jpg Ilustrasi Perayaan Tahun Baru (Foto: Shutterstock)

TAHUN BARU 2019 sudah di depan mata. Beberapa orang sudah mempersiapkan target baru demi menjalani hidup yang lebih baik lagi.

Bicara mengenai tahun baru, Anda pasti tidak akan heran dengan yang namanya kembang api, terompet dan kumpul bersama orang terkasih. Tapi, tahukan Anda bahwa ada 5 fakta dan mitos yang masih berkembang di masyarakat dan mungkin masih Anda percayai sampai sekarang. Secara khusus Okezone akan membeberkannya untuk Anda dan berikut paparannya:

1. Anda harus tahu bahwa tahun baru pernah dirayakan pada tanggal 25 Maret. Namun, tanggalan ini kemudian diubah oleh masyarakat pasca masehi dan akhirnya 1 Januari ditetapkan sebagai tahun baru Masehi.

2. Fakta lain mengenai tahun baru adalah Julius Caesar adalah sosok pembuat kalender Masehi. Dalam pembuatan kalender masehi ini, dia dibantu seorang astronom dari Iskandariyah bernama Sosigenes.

3. Untuk daerah mana yang bakal merasakan pergantian tahun paling awal, wilayah di bagian paling barat dari garis meridien utama lah yang akan mengalami pergantian tahun lebih dulu. Samoa, negara tak jauh dari Hawaii, dan sebagian Kiribati merupakan wilayah pertama yang menyambut tahun baru.

4. Sementara itu, berkembang juga mitos tentang tahun baru ini. Salah satunya adalah makanan yang dianggap membawa keberuntungan pada malam tahun baru. Makanan tersebut adalah kacang kedelai (black eyed peas), daging babi, dan kubis. Makanan ini dianggap membawa kesejahteraan. Tapi, jangan kemudian Anda makan lobster atau ayam, karena keduanya dapat membawa kecelakaan. Lalu, mengonsumsi makanan yang berbentuk bundar di momen Tahun Baru dipercaya akan membuat hidup Anda lebih sukses.

5. Di Meksiko, perempuan dan laki-laki akan mengenakan celana warna merah saat merayakan tahun baru. Ini dilakukan demi mendapatkan jodoh. Padahal, kita percaya bahwa jodoh ada di tangan Tuhan, bukan begitu?

6. Saat tahun baru juga ada anggapan di mana Anda dilarang untuk menyapu lantai dan mencuci pakaian. Ini berkaitan dengan akan hilangkan rezeki dan keberuntungan jika tetap melakukan 2 hal tersebut. Kepercayaan ini juga banyak diamini keturunan Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

(Baca Juga: Maria Sallaus Hamil, Begini Tampilan Pacar Paul Pogba Pamer Perut Buncitnya)

So, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda dan tentunya bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat Tahun Baru!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini