nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dian Pramana Poetra Meninggal karena Kanker Darah, Bisakah Dideteksi Sejak Dini?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 28 481 1996891 dian-pramana-poetra-meninggal-karena-kanker-darah-bisakah-dideteksi-sejak-dini-CGPzSxWoxB.jpg Ilustrasi kanker. (Foto: Shutterstock)

MUSIKUS senior Dian Pramana Poetra dikabarkan meninggal malam tadi, setelah lama berjuang melawan kanker darah stadium 4. Kondisi rekan Deddy Dhukun di 2D itu memang cukup kritis, lantaran setelah terkena kanker, hemoglobinnya hanya 4.

Kanker darah yang diidap Dian Pramana Poetra memang salah satu jenis penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa saja. Nah, melansir Bloodwise.org.uk, ada beberapa fakta tentang kanker darah yang Okezone rangkum.

Baca Juga: Dikabarkan Menikah, Intip 6 Gaya Penampilan Aura Kasih saat Liburan


1. Tidak semua kanker darah berkembang dengan cara yang sama.

Beberapa kanker darah tumbuh cepat (akut), dan beberapa berkembang lebih lambat (kronis). Terkadang jenis kanker darah seseorang pun dapat berubah, seiring dengan berkembangnya kanker.

Sebagai contoh, sindrom myelodysplastic (MDS) dapat berubah menjadi leukemia myeloid akut (AML). Itulah salah satu alasan kanker darah memiliki nama yang berbeda, agar bisa diteliti lebih lanjut.

2. Ada lebih dari 100 jenis kanker darah dengan kondisi serupa.

Beberapa seperti leukemia, limfoma dan mieloma akrab dijumpai, tetapi yang lain seperti sindrom myelodysplastic (MDS) dan myeloproliferative neoplasma (MPN) kurang dikenal.

Baca Juga: Keluarga Besar Seventeen Termasuk Mati Syahid, Ini Penjelasan Ahli Agama


3. Tidak ada tes skrining yang efektif untuk deteksi dini kanker darah.

Tes skrining seperti mammogram untuk kanker payudara dan kolonoskopi untuk kanker kolorektal dapat membantu dengan deteksi dini dan pencegahan kanker ini.

Para ilmuwan pun sedang meneliti cara untuk mencegah atau mendeteksi semua kanker pada tahap awal, tapi tidak ada yang digunakan untuk kanker darah saat ini. Akibatnya, orang biasanya tidak mereka terkena kanker darah, sampai mengalami gejala-gejala umumnya.

4. Ada tiga jenis utama kanker darah.

Pertama adalah Leukemia adalah jenis kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang Anda dan memengaruhi sel darah putih Anda. Sementara Leukemia limfositik akut (ALL) adalah bentuk paling umum dari leukemia anak, dan leukemia myelogenous akut (AML) adalah yang paling umum kedua. Dua leukemia yang paling sering menyerang orang dewasa adalah AML dan leukemia limfositik kronis (CLL).

Kedua, adalah limfoma atau kanker sistem limfatik yang menyerang darah. Ada dua jenis limfoma: limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

Sementara ketiga, adalah Myeloma yakni kanker sel plasma, yang merupakan jenis sel darah putih yang dibuat di sumsum tulang. Sel-sel myeloma mencegah produksi antibodi yang normal, membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah dan rentan terhadap infeksi. Myeloma pun sering terjadi di sumsum tulang, myeloma sering disebut sebagai multiple myeloma.

Dian Pramana Poetra sendiri diketahui mengidap leukemia, meskipun belum diketahui jenis yang menyerangnya. Meski demikian, dia disebut enggan menjalani perawatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini