nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Desa Siaga Donor Mata, Desa Tenjowaringin Siapkan Ribuan Calon Pendonor

Jum'at 28 Desember 2018 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 28 481 1997050 jadi-desa-siaga-donor-mata-desa-tenjowaringin-siapkan-ribuan-calon-pendonor-7bCQhJRIAN.jpg

ANGKA kebutaan penduduk Indonesia tercatat masih cukup tinggi. Secara nasional, angka kebutaan di Indonesia adalah 1,5 persen dari total penduduk atau sekira 3,7 juta orang,

Menurut data Direktur Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Hikmat Wangsaatmadja, SpM, Mkes, MM 2 juta Tuna Netra sebetulnya berpotensi dapat disembuhkan, namun pendonor mata yang ada masih sangat sedikit yaitu 13.000 orang.

Desa Tenjowaringin merupakan Desa yang telah membentuk Keluarga Donor Mata, di mana 2.000 warganya merupakan calon donor mata.

Baca Juga: Netizen Semprot Maudy Koesnaedi Makan Daging Babi, Begini Klarifikasi Faktanya!

Data dari tahun 2016 hingga yang terakhir diambil kornea matanya pada Jumat, 28 Desember 2018 atas nama Alm. Nandang Nasir Ahmad total sudah 13 pendonor (26 pasang kornea) yang diambil.

Melihat potensi yang sangat besar tersebut, dalam waktu dekat (30 Desember 2018) kami akan mendeklarasikan Desa Tenjowaringin sebagai 'Desa Siaga Donor Mata', dengan harapan semakin banyak masyarakat luas yang mau mendonorkan kornea mata.

Baca Juga: Adu Seksi 5 Bintang Porno yang Sudah Tobat, Siapa Jagoan Kamu?

Selain itu, karena Bank Mata terdekat jaraknya cukup jauh yaitu di Bandung, sehingga menjadi salah satu kendala dalam eksisi kornea mata, oleh karena itu kami juga berharap di Tasikmalaya ada Bank Mata.

(mrt.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini