nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Tahun Baru, Malioboro Bakal Ditutup Selama 10 Jam

krjogja.com, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 00:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 31 406 1997896 malam-tahun-baru-malioboro-bakal-ditutup-selama-10-jam-qyNs833KiO.jpg

REKAYASA manajemen lalu lintas akan diberlakukan secara penuh di wilayah Kota Yogyakarta saat malam tahun baru, termasuk di Jalan Maliboro.

Bagi pengendara atau wisatawan yang tidak ingin terjebak macet saat malam pergantian tahun, diimbau mengikuti arahan petugas.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Yogya Golkari Made Yulianto, mengungkapkan pola rekayasa lalu lintas tahun ini diberlakukan berbeda dibanding tahun lalu.

”Kami terus berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Yogyakarta. Malioboro tetap menjadi titik utama untuk mengurai kendaraan. Sehingga tidak hanya di ring satu saja, tetapi rekayasa dilakukan hingga ring tiga,” urainya.

Oleh karena itu, pusat kota yang berada di kawasan Malioboro diprediksi akan mengalami kepadatan paling tinggi. Selain kapasitas parkir di kawasan tersebut sangat terbatas, kemacetan juga menjadi ancaman tersendiri.

Oleh karena itu, sejak pukul 15.00 WIB pintu masuk ke Malioboro akan dilakukan penutupan secara bertahap. Pengendara pun diimbau tidak nekat menerobos arus, agar tidak terjebak dalam kemacetan.

Terkait jumlah wisatawan yang akan memasuki Malioboro maupun wilayah Kota Yogya untuk merayakan pergantian tahun, menurut Golkari, belum bisa dihitung secara pasti. Namun, berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun terakhir ada kecenderungan peningkatan arus kendaraan. Apalagi usai libur Natal 2018, kendaraan yang menuju Malioboro hingga saat ini masih terpantau cukup padat.

”Kalau hasil perhitungan DIY, kendaraan yang masuk Kota Yogya rata-rata perhari bisa mencapai 135.000 unit. Bisa dibayangkan skala kepadatan arusnya,” jelasnya.

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta Kompol Dwi Prasetio Nugroho, memaparkan khusus ring satu Malioboro akan dilakukan penutupan arus kendaraan pada Senin (31/12/2018) mulai pukul 15.00 WIB. Ring satu tersebut berada di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Ahmad Yani, Gardu Anim dan Jalan Pasar Kembang.

Sedangkan di ring dua yang berada di simpang Gramedia, Jalan Mataram, Jalan Senopati hingga Jalan Bhayangkara akan ditutup dari akses kendaraan mulai pukul 17.00 WIB. Sementara di ring tiga yakni mulai Sentul, Tungkak, Pojok Beteng Timur dan Barat serta Wirobrajan hingga Jati Kencana, akan ditutup pukul 19.00 WIB.

”Kami akan upayakan supaya kendaraan tidak ada yang terjebak kemacetan. Makanya sampai ring tiga ada rekayasa. Sedangkan pembukaan arus akan dilakukan situasional melihat pengunjung Malioboro yang hendak kembali pulang. Tahun lalu pukul 01.00 WIB dinihari sudah dibuka seperti biasa,” ulas Kompol Dwi.

(Baca Juga: Kelahiran Bayi Raksasa Bikin Para Dokter Terkejut, Begini Kondisinya)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini