nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun Baru 2019, Candi Borobudur Punya Jalur Khusus Disabilitas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 31 406 1997897 tahun-baru-2019-candi-borobudur-punya-jalur-khusus-disabilitas-h90Rk8mqwv.jpg Candi Borobudur bakal punya jalur khusus disabilitas (Foto: Nomadicpixel)

DESTINASI Super Prioritas Candi Borobudur semakin ramah untuk disabilitas. Jalur khusus bagi mereka pun disediakan. Mengawali tahun baru 2019, para penyandang disabilitas bisa mengeksplorasi keindahan Candi Borobudur lebih detail.

Track khusus bagi kaum disabilitas di Candi Borobudur, memiliki panjang sekitar 495 meter. Jalur ini menghubungkan gerbang utama dengan spot terdekat candi.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan, track khusus ini akan memudahkan mobilitas kaum disabilitas saat berada di kawasan objek wisata tersebut.

 BACA JUGA:

Liburan di Florida, Intip Potret Kemesraan Kiper Liverpool, Loris Karius dan Sophia Thomalla

“Jalur khusus penyandang disabilitas cukup panjang. Jalur ini akan memudahkan pergerakan para pengunjung. Terutama, mereka yang berkebutuhan khusus. Mereka akan semakin mudah menjangkau kawasan candi. Jalur ini memang didesain sedekat mungkin dengan candi,” ungkap I Gusti Putu Ngurah Sedana, dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (31/12/2018).

 

Pembuatan track khusus disabilitas menjadi respons cepat atas kebutuhan pasar. Sebab, Candi Borobudur juga kerap mendapatkan kunjungan spesial dari para penyandang disabilitas. Mereka tertarik untuk melihat dari dekat situs warisan dunia versi Unesco ini. Ngurah Sedana menambahkan, siapapun punya hak sama dalam mengagumi Candi Borobudur.

“Jalur khusus bagi kaum disabilitas ini fasilitas baru di Candi Borobudur. Kami bersyukur karena candi ini banyak dikunjungi oleh mereka. Kaum disabilitas juga memberi apresiasi kepada Candi Borobudur. Kami berharap, jalur khusus ini bisa memberikan kenyamanan bagi mereka,” jelas Ngurah Sedana.

Permukaan lintasan jalur dibuat lebih halus. Harapannya, track ini bisa dilalui kursi roda dengan mudah. Dengan begitu, pergerakan para kaum disabilitas di lingkungan Candi Borobudur semakin cepat. Ngurah Sedana pun mengatakan, pengelola juga menyediakan fasilitas tambahan kursi roda.

 

“Permukaan jalur bagi kaum disabilitas dibuat lebih halus. Jadi pergerakan kursi roda akan lebih mudah. Kaum disabilitas bisa bergerak sendiri. Disamping itu, kami juda menyediakan kursi roda. Fasilitas ini sebenarnya sudah lama. Intinya, Candi Borobudur ini destinasi super ramah bagi kaum disabilitas,” jelas Ngurah Sedana.

Treatment khusus diberikan kepada jalur khusus disabilitas tersebut. Sisi kanan dan kiri jalur tersebut diberi tanda dengan cat warna kuning.

 BACA JUGA:

Kelahiran Bayi "Raksasa" Bikin Para Dokter Terkejut, Begini Kondisinya

“Kami berikan tanda khusus bagi jalur ini. Harapannya, pengunjung lainnya tidak masuk ke jalur ini. Yang jelas, Borobudur ini banyak memiliki fasilitas pendukung dengan kualitas terbaik,” tukasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini