nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Negara Pertama dan Terakhir yang Menyambut Tahun Baru 2018

Bagas Taruna , Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 07:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 31 406 1997957 ini-negara-pertama-dan-terakhir-yang-menyambut-tahun-baru-2018-vaVB2mTU0x.jpg Perayaan Tahun Baru (Foto: The Sun)

MENUTUP 2018 dengan berkumpul bersama keluarga sambil berpesta menyalakan kembang api merupakan kesenangan tersendiri bagi setiap individu. Tetapi, sesuai dengan konsep bahwa bumi itu bulat, maka para penduduk dalam setiap negara mesti bersabar menunggu giliran dalam perputaran waktu.

Bagi yang sedang bertamasya ke luar negeri atau berdiam di rumah, mungkin pernah terbenak dalam pikiran Anda, negara mana yang pertama kali merayakan tahun baru nanti? Dan pada urutan berapa negeri tercinta kita ini mendapat giliran untuk meniup terompet dari karton? Mengutip dari Thesun pada Senin (31/12/2018), ternyata negara pertama kali berganti tahun adalah Samoa, Kiribati, dan Tonga. Saat penduduk yang ada di Samudera Pasifik ini merayakan tahun baru, di zona waktu Indonesia bagian barat akan menunjukkan pukul 17.00 WIB pada Senin, 31 Desember.

Baca juga: Kompilasi Tampilan Syur Kim Kardashian pada 2018, Pamer Buah Dada Bikin Netizen Melongo!

Berikutnya berlanjut kepada beberapa wilayah di Selandia Baru, sekitar satu jam setelahnya atau ketika waktu Maghrib tiba di Jakarta dan sekitarnya. Lalu disusul pada pukul 20.00 WIB, Negeri Kangguru atau Australia akan bergantian menyorakkan ucapan tahun baru.

Bagaimana dengan negara Asia? Jepang dan Korea Selatan adalah dua negara pertama yang mewakili pergantian tahun baru ini pada pukul 22.00 WIB. Selang 30 menit, Korea Utara menyusul negara-negara sebelumnya. Pukul 23.00 malam nanti, negara Cina, Filipina, dan Singapura resmi berpindah tahun baru.

Nah, setelah negara di atas, barulah Tanah Air merasakan gempita dan sorak sorai penduduknya pada malam tahun baru. Dimulai dari kawan kita yang berada di timur, yakni Papua. Lalu 2019 akan perlahan menghampiri hingga bagian barat di Pulau Sumatera. Kelak Indonesia bagian barat akan merayakan bersama negara lain seperti Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Baca juga: 20 Wanita Tercantik di Dunia, Nomor 1 Asal Prancis, Berikutnya Personel K-Pop

2019 juga pastinya tak luput menyambangi negara Asia lainnya, terdiri dari Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Tengah. Berikut urutannya, Myanmar, Bangladesh, Nepal, India dan Sri Lanka, Pakistan, Afghanistan, dan Iran. Eropa juga tak mau kalah dengan perayaan tahun baru nanti. Dimulai dari Moskow serta Rusia, Yunani, dan Jerman. Berlanjut kepada Inggris, Brazil, Argentina, Amerika Serikat, Kanada, Alaska, dan Hawaii.

Lantas, negara mana yang terakhir merayakan tahun baru? kepulauan kecil di Amerika Serikat seperti American Samoa, Baker Island dan Howland Island baru memasuki 2019. Wah, kira-kira, Anda sudah punya rencana untuk menghabiskan malam pergantian tahun nanti, belum?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini