nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Negara yang Larang Perayaan Tahun Baru

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 15:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 406 1998150 4-negara-yang-larang-perayaan-tahun-baru-LEWisIhxhU.jpg Ilustrasi Perayaan Tahun Baru. (Foto: Okezone)

MALAM tahun baru biasanya memang dirayakan bersama keluarga atau teman, namun di beberapa negara pesta pergantian Tahun Baru dilarang, karena dianggap tidak sesuai syariat Islam. Bukan cuma itu, ada beberapa alasan lain yang harus dipatuhi penduduknya.

Biasanya negara-negara yang identik dengan syariat Islam yang kuat tidak merayakan malam Tahun Baru. Padahal buat sebagian orang, perayaan pesta ini sangatlah penting dan harus dilaksakan meriah.

Okezone bakal merangkum empat negara yang melarang penduduknya untuk merayakan pesta Tahun Baru. Berikut ini ulasannya, dilansir Okezone dari Metro, Senin (31/12/2018).

Baca Juga: Putuskan Lepas Hijab, Berikut 4 Penampilan Hot Nikita Mirzani

Bangladesh

Pemerintah Bangladesh melarang semua momen perayaan Tahun Baru 2019 baik itu di dalam atau luar ruangan. Alasannya ternyata pada 31 Desember 2018 diadakan pemilu nasional, yang sangat riskan dengan gesekan-gesekan politik di sana. Selain melarang pesta pergantian Tahun Baru, deretan pertokoan yang biasa menjual bir pun dilarang. Pengamanan ketat pun diterapkan di Bangladesh supaya menciptakan kedamaian.

Arab Saudi

Sebagai Negara Islam paling taat, pemerintah Arab Saudi juga melarang penduduknya untuk merayakan pesta Tahun Baru. Selain pesta kembang api pada 31 Desember malam, di sana juga tidak diperkenankan untuk merayakan Natal, khususnya bagi penduduk non-Muslim.

Baca Juga: 7 Potret Kecantikan Dian Nitami, Istri Anjasmara yang Fisiknya Diolok-olok Netizen

Tajikistan

Tajikistan adalah salah satu dari beberapa negara yang melarang penduduknya untuk merayakan pesta Tahun Baru. Baik itu dengan pesta kembang api, bertukar hadiah untuk merayakan malam Tahun Baru, sampai pesta makan bersama dengan keluarga. Tak cuma pesta Tahun Baru, penduduk Non Muslim di sana juga tidak diperkenankan untuk merayakan Natal.

Brunei Darussalam

Sultan Brunei melarang penduduknya untuk merayakan pesta Tahun Baru. Mengingat negara ini punya peraturan Islam yang kuat, jadilah penduduknya tidak boleh marayakan Tahun Baru. Malahan di sana juga tidak boleh merayakan Natal, kalau melanggar bisa dihukum pidana lho!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini