nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun Baru Sisakan Banyak Sampah, Clean The City Gencarkan Kampanye Kebersihan

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 19:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 406 1998680 tahun-baru-sisakan-banyak-sampah-clean-the-city-gencarkan-kampanye-kebersihan-TFAfJkw9KR.jpg Sampah Setelah Perayaan Tahun Baru. (Foto: Okezone/Dede)

PERAYAAN malam Tahun Baru memang meriah di berbagai titik di Jakarta maupun kota-kota lainnya. Banyak acara diadakan yang menyedot minat masyarakat untuk datang.

Sayangnya, kedatangan masyarakat di tempat-tempat tersebut sekaligus membawa tumpukan sampah. Memang sudah jadi rahasia umum jika diselenggarakan acara di suatu tempat, maka bukan kemeriahan yang tersisa tetapi sampah.

Koordinator Clean The City Tasikmalaya, Munawarman Ahmad, menyebut bahwa jumlah sampah di Indonesia per tahun mencapai 187 juta ton, sedangkan sampah tahun baru di Tasikmalaya tahun 2018 mencapai 45 ton.

Baca Juga: Kelahiran Bayi "Raksasa" Bikin Para Dokter Terkejut, Begini Kondisinya

Indonesia sendiri masih berada di urutan ke 134 dunia negara paling bersih. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia masih kurang peduli pada kebersihan, suka membuang sampah sembarangan dan tidak terbiasa memiliki pola hidup sehat.

"Meningkatnya volume sampah di puncak perayaan tahun baru dikarenakan semakin banyaknya para pengunjung dan para pedagang di titik-titik perayaan tahun baru," jelas dia.

Oleh karena itu, memperhatikan fakta masih lemahnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan, Komunitas Clean The City Tasikmalaya mengampanyekan jaga kebersihan lingkungan di puncak perayaan tahun baru sebagai bentuk kecintaan pada tanah air.

Baca Juga: Putuskan Lepas Hijab, Berikut 4 Penampilan Hot Nikita Mirzani

Dengan tagline #2019AwaliDenganKebersihan, Clean The City Tasikmalaya menerjunkan sedikitnya 500 relawan untuk mengampanyekan kebersihan di malam tahun baru, dan di pagi harinya melakukan fun walk bersih-bersih.

Melalui kampanye ini, Clean The City ingin berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam kampanye gerakan kebersihan lingkungan dan menggugah kesadaran masyarakat untuk mereformasi dirinya sebagai makhluk sosial yang peduli, baik terhadap kebersihan lahir maupun batin.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini