nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur dalam Peti Mati, Cara Orang Thailand Rayakan Tahun Baru

Hanizha Fatma, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 23:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 01 406 1998702 tidur-dalam-peti-mati-cara-orang-thailand-rayakan-tahun-baru-vNVJRJ7Bpo.jpeg Rayakan malam tahun baru orang Thailand tidur dalam peti mati (Foto:Apnews)

KEMBANG api, konser, dan berbagai acara menandakan perpindahan ke tahun yang baru. Banyak orang yang mengucapkan selamat tinggal pada tahun sebelumnya dengan cara yang mungkin sudah menjadi tradisi turun-menurun.

BACA JUGA: Tanpa Hijab, Begini Gaya Berpakaian Nikita Mirzani saat Liburan

Ada tradisi yang sudah umum, tapi ada juga cara yang terbilang tidak biasa dan menantang. Cara ini meski setiap tahun pasti dilakukan tapi selalu dinanti dan mengundang penasaran setiap masyarakatnya.

BACA JUGA: Kelahiran Bayi "Raksasa" Bikin Para Dokter Terkejut, Begini Kondisinya

Dilansir dari App News berikut berbagai acara untuk menyambut datangnya tahun baru dari berbagai negara, Selasa (1/1/2019)


New York

Banyak orang merayakan tahun baru di Times Square demi melihat bola Kristal tradisional dan serangkaian pertunjukan yang dibawa para bintang. Hujan deras bukanlah sebuah kendala. Dengan mengenakan mantel para pengunjung dengan asyik menari di bawah derasnya hujan.

Christina Aguilera ikut memeriahkan acara tersebut dengan mengenakan gaun putih yang ditutupi dengan mantel. Bebe Rexha juga berpartisipasi dalam acara tersebut dan menyanyikan lagu John Lennon yang berjudul Imagine tepat sebelum bola kristal tersebut jatuh pada tengah malam.

Jika ingin baju yang dikenakan tetap kering, para pengunjung harus membayar sebesar USD10 untuk mantel plastik karena diacara ini dilarang menggunakan payung demi alasan keamanan.

Rio de Janeiro

Lebih dari 2 juta orang merayakan tahun baru di pantai Copacabana yang berada di Rio de Janeiro. Di sana terdapat pertunjukkan kembang api yang berlangsung selama 14 menit. Cuaca  pada saat itu mencapai 29 derajat Celcius. Banyak warga Brazil berenang dan memberikan persembahan mereka kepada Yemanja, sang Dwi Laut dalam kepercayaan Afro-Brazil.

London

Warga Inggris mengawali tahun baru dengan lonceng Big Ben. Pekan lalu, parlemen mengumumkan bahwa jam terkenal tersebut akan berbunyi untuk menandakan tahun baru.

Paris

Para wisatawan dan warga Paris berkumpul di Champs-Elysees untuk merayakan malam tahun baru. Menjelang tengah malam, pertunjukkan cahaya dengan tema persaudaraan berlangsung di monument Arc de Triomphe.


Berlin

Puluhan ribu orang merayakan dimulainya tahun 2019 di gerbang Brandenburg yang terkenal di Berlin. Perayaan tersebut berlangsung dibawah keamanan yang ketat dengan sekitar 1.300 petugas yang dikerahkan di jantung ibukota Jerman ini. Orang-orang yang ikut merayakannya pun dilarang membawa kembang api, botol atau tas besar ke dalam zona pestaa itu.


Kota Vatikan

Paus Fransiskus telah mengakhiri tahun kepausannya yang paling bermasalah dengan mengetuai upacara malam kebaktian  dan berdoa di hadapan patung Natal raksasa Vatikan. Pada hari Selasa, Francis akan merayakan misa untuk menandakan awal tahun baru dan secara resmi meninggalkan 2018.


Uni Emirat Arab

Kembang api terlihat dilangit Burj Khalifa, Dubai yang merupakan gedung tertinggi yang ada di dunia. Ratusan ribu penonton berkumpul untuk menyaksikan pertunjukkan spektakuler tersebut. Di tempat lain, emirat Ras al-Khaimah berusaha mendapatkan rekor dunia baru dengan kembang api garis lurus terpanjang yang mencapai 7,35 mil atau setara 11,83 kilometer.

Thailand

Sementara banyak yang merayakan malam tahun baru dengan berpesta atau kembang api, ratusan warga Thailand merayakannya dengan pergi ke kuil Takien di pinggiran kota Bangkok untuk berbaring di dalam peti mati dalam ritual pemakaman tradisional. Mereka percaya upacara ini melambangkan kematian dan kelahiran kembali yang membantu menyingkirkan mereka dari nasib buruk dan memungkinkan mereka untuk dilahirkan kembali pada awal tahun baru.

Mereka memegang bunga dan dupa di tangan ketika para biksu menutupinya dengan kain merah muda dan melantunkan doa untuk orang mati. "Itu tidak menakutkan atau apa pun. Ini keyakinan kami, bahwa itu akan membantu kami menyingkirkan nasib buruk dan membawa keberuntungan bagi kehidupan kami, ”kata Busaba Yookong, yang datang ke kuil bersama keluarganya.

Filipina

 

Puluhan orang terluka menjelang malam tahun baru. Hal ini disebabkan oleh petasan yang kuat disalah satu perayaan paling kejam di Asia. Tradisi ini berasal dari kepercayaan yang menganggap bahwa kebisingan akan mengusir kejahatan dan kemalangan.

 

China

Malam tahun baru tidak dirayakan secara luas di China. Tetapi acara hitung mundur ini diadakan di kota-kota besar dan beberapa umat beriman menuju kuil-kuil Buddha untuk berdoa.

Kiribati

Negara yang paling pertama menyambut tahun baru ini menyapa 2019 dengan pertempuran melawan perubahan iklim yang terjadi. Kiribati terdiri dari atoll rendah di sepanjang khatulistiwa yang memotong tiga zona waktu sehingga menjadikannya pertama kali mengalami tahun baru 14 jam sebelum tengah malam di London.

Australia

Diperkirakan jutaan orang memadati pelabuhan Sydney ketika tahun baru, untuk melihat kembang api yang spektakuler. Acara ini menghabiskan 8,5 ton kembang api dan menampilkan lebih dari 100.000 efek. Sebelumnya, badai petir membasahi puluhan ribu orang saat mereka berkumpul untuk pameran tradisional, menciptakan pertunjukan sendiri dengan puluhan sambaran petir.

 

Di Melbourne, 14 ton kembang api dikerahkan di tanah dan di atap 22 bangunan menghasilkan efek khusus termasuk naga terbang. Di Brisbane, orang-orang menyaksikan kembang api meledak dari lima tongkang yang ditambatkan di Sungai Brisbane.

 

 

Korea Selatan

Ribuan warga Korea Selatan memenuhi jalan-jalan ibukota Seoul untuk upacara lonceng tradisional di dekat balai kota. Sebuah lonceng perdamaian juga dibunyikan di Imjingak, dekat perbatasan Korea Utara.

 

Las Vegas

Malam tahun baru di Las Vegas dimeriahkan dengan tembakan kembang api dan juga pertunjukan dari Lady Gaga, Celine Dion, Gwen Stefani, serta penyanyi terkenal lainnya. Perayaan kembang api ini berlangsung selama 8 menit.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini