nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Tahun Baru Begadang, Ini 8 Cara Agar Cepat Pulih

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 12:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 481 1998554 malam-tahun-baru-begadang-ini-8-cara-agar-cepat-pulih-qlvUOLbKRL.jpg Ilustrasi. (Foto: Indian Sutra)

TAHUN sudah berganti, masyarakat di seluruh dunia merayakan 2019 dengan sukacita. Berbagai acara menarik seperti festival kembang api dan juga panggung musik dihadirkan untuk menyambut malam pergantian tahun.

Sebagian besar masyarakat Indonesia merayakan malam tahun baru bersama saudara, teman, keluarga maupun orang terkasih. Nah, tanpa disadari perayaan tahun baru ini membuat Anda tidur terlalu larut dari biasanya

Akibatnya tubuh akan merasa pusing, karena waktu untuk beristirahat menjadi terganggu. Jika sudah begini, Anda akan menjadi kesulitan untuk beraktivitas di tahun yang baru ini. Yang bisa Anda lakukan adalah tidur seharian, untuk menghilangkan letih setelah begadang semalaman.

Ternyata, selain istirahat yang cukup, ada beberapa tips yang wajib dilakukan untuk mengatasi pusing. Melansir dari Times of India, Selasa (1/1/2019), Okezone akan membagikan tipsnya, berikut ulasannya.

Baca Juga: Kelahiran Bayi "Raksasa" Bikin Para Dokter Terkejut, Begini Kondisinya

1. Menghidrasi tubuh Anda

Hal paling sederhana dan paling penting untuk dilakukan adalah mengonsumsi cukup air. Pasalnya, dehidrasi adalah penyebab utama seseorang mengalami mabuk. Jadi minumlah cukup air untuk mengatasi mabuk.

2. Konsumsi ORS

Mabuk yang bisa disebabkan karena kurang istirahat, masuk angin dan sebagainya akibat begadang bisa menyebabkan Anda muntah-muntah. Selama sesi muntah, tubuh Anda pasti akan kehilangan banyak garam.

Anda membutuhkan beberapa cairan seperti oralit, jus buah dan air kelapa untuk mengembalikan nutrisi yang ada dalam tubuh.

3. Mengonsumsi buah kaya air

Akibat pusing dan mabuk, perut Anda tidak siap untuk mencerna suatu makanan yang benar-benar padat. Ada baiknya mengonsumsi sesuatu yang ringan, seperti semangka. Anda juga dapat memilih pisang dan gandum sebagai alternatif makanan lainnya.

Baca Juga: Tanpa Hijab, Begini Gaya Berpakaian Nikita Mirzani saat Liburan

4. Mengonsumsi obat

Beberapa obat, seperti penghilang rasa sakit untuk meredakan sakit kepala dan pil anti emetik untuk mengendalikan gelombang mual bisa dikonsumsi. Namun, selalu Ingat untuk tetap minum air putih.

5. Konsumsi vitamin C

Mengisi tubuh Anda dengan beberapa multivitamin adalah solusi yang baik. Anda juga dapat memilih segelas jus jeruk segar untuk memberikan asupan vitamin C.

6. Hisap irisan lemon

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obatan antiemetik, Anda bisa memotong irisan lemon dan menghisapnya untuk menghilangkan rasa mual yang tidak enak.

7. Mandi

Setelah tubuh Anda merasa lebih baik sesudah istirahat, maka yang Anda butuhkan adalah mandi menggunakan air dingin agar terasa segar dan santai.

8. Jauhi kafein

Jauhi kopi karena bersifat diuretik. Hal yang sama juga berlaku untuk teh. Mengonsumsi minuman ini hanya dapat memperburuk mual Anda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini