nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Benda yang Wajib Kamu Singkirkan di Tahun Baru, Salah Satunya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 07:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 02 196 1998765 7-benda-yang-wajib-kamu-singkirkan-di-tahun-baru-salah-satunya-mXFwwLwREk.jpg Merayakan Tahun Baru (Foto: Pixabay)

TAHUN baru, kehidupan pun tentunya harus baru. Nah, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya ada baiknya Anda untuk melakukan kegiatan yang lebih menyehatkan pada awal 2019 ini. Salah satunya adalah dengan menyingkirkan barang-barang lama yang ada di sekitar Anda.

Sekilas, Anda mungkin merasa beberapa benda yang ada di sekeliling terlihat baik-baik saja. Namun, sebenarnya barang tersebut memiliki banyak dampak yang kurang baik dan wajib Anda singkirkan pada tahun yang baru ini.

Tentunya, penasaran bukan dengan barang-barang di sekitar Anda yang wajib dibuang setelah menyambut tahun baru 2019. Melansir dari Times of India, Rabu (1/1/2018) Okezone akan membahasnya satu per satu. Berikut ulasannya.

1.Bantal lama

Bantal yang sudah usang dan tidak berbentuk mungkin menjadi favorit Anda. Namun, pada kenyataannya mereka bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Inilah saatnya Anda membuangnya untuk kesehatan yang lebih baik pada 2019. Menurut dokter, bantal mengumpulkan banyak debu dan kuman yang terkumpul dari aktivitas pulang setiap hari. Jadi, yang terbaik adalah jika Anda menggantinya setiap 1-2 tahun sekali.

2.Lilin aroma terapi

Meskipun memiliki wangi yang sedap, tetapi mereka mengumpulkan banyak debu jika tetap terbuka. Selain itu, lilin jenis ini juga dapat menambah tingkat polusi dengan melepaskan bahan kimia beracun yang berpotensi berbahaya di udara yang kita hirup.

3.Makanan kalengan

Pada akhirnya Anda harus ingat bahwa makanan kalengan tidak benar-benar menyehatkan bagi tubuh. Pasalnya makanan ini penuh bahan kimia. Jika mendekati tanggal kedaluwarsa, segera buang. Ada baiknya Anda memiliki makanan segar yang lebih sehat dan bergizi.

4.Obat-obatan kadaluwarsa

Banyak dari kita menyimpan stok obat tanpa memperhatikan tanggal kadaluwarsa. Hati-hati, obat ini sama sekali tidak aman. Obat yang kadaluwarsa bahkan mungkin beracun dan efektivitas obat tersebut dapat turun. Hal akan semakin buruk apabila tidak ada obat yang harus diminum tanpa saran dokter.

5.Handuk lama

Hampir merupakan kebiasaan di semua rumah dengan menggunakan lap dan handuk tua sebagai kain pembersih. Meskipun benar-benar tidak aman untuk menggunakannya namun handuk dan pakaian tua ditutupi dengan kotoran dan bakteri, yang tidak hilang setelah dicuci. Jadi, Anda harus membuangnya setelah tanggal kadaluwarsa, yaitu sekitar satu tahun setelah Anda mulai menggunakannya.

6.Spons dapur

Pikirkan berapa kali piring dicuci dalam sehari. Dan kemudian, pikirkan berapa banyak waktu spons dapur ditempatkan kembali dengan semua kotoran dan kuman. Bahkan jika Anda mencucinya setiap kali atau untuk keperluan sanitasi, namun kuman tidak hilang begitu saja. Karenanya, sangat ideal jika Anda menggantinya setiap bulan atau lebih.

7.Tatakan pemotong

Papan pemotong atau bisa disebut talanan, terutama yang terbuat dari kayu atau plastik adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari. Mereka akan mengumpulkan banyak debu dan kotoran. Untuk kesehatan yang lebih baik dan sensasi makan yang bersih, pastikan untuk menggantinya setiap 9-12 bulan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini