nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilot Ungkap Posisi Kursi Ternyaman di Pesawat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 20:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 02 406 1999063 pilot-ungkap-posisi-kursi-ternyaman-di-pesawat-cNL59GBxh9.jpg Ilustrasi (Foto: Aviationcv)

DALAM menghadapi liburan yang cukup singkat, masyarakat lebih memiliki sarana transportasi pesawat terbang. Selain lebih cepat tiba di tempat tujuan, zaman sekarang pesawat juga menawarkan segudang fasilitas dan harga yang relative murah.

Alhasil, saat ini berbagai macam penerbangan yang melayani rute dalam negeri semakin diminati para pemudik yang hendak bepergian. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebuah pesawat juga memiliki kekurangan, yakni saat mereka melewati turbulensi.

loading...

Saat ini banyak sekali penumpang yang menanyakan kursi di bagian manakah di dalam pesawat yang paling aman untuk diduduki. Pertanyaan ini pula seketika muncul di tengah ramainya insiden jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 beberapa waktu lalu.

 (Baca Juga:Bertualang ke Air Terjun Donok, Surga Tersembunyi di Hutan Belantara Bengkulu)

Melihat situasi seperti ini, Kapten Batik Air, Vincent Raditya, pun buka suara untuk menjelaskan perihal masalah ini. Secara garis besar, pilot ganteng satu ini mengatakan tidak ada kursi yang paling aman di dalam pesawat. Semuanya memiliki tingkat keamanan yang sama.

“Di dalam pesawat tidak ada yang dinamakan dengan kursi teraman. Baik kursi yang paling depan hingga kursi paling belakang, memiliki keamanan dan risiko yang sama. Memang terkadang dalam kecelakaan pesawat ada penumpang yang berada di bagian belakang pesawat selamat. Akan tetapi itu merupakan keberuntungan. Pasalnya kecelakaan pesawat masuk dalam kecelakaan berat,” ungkap Kapten Vincent dalam akun Youtube-nya.

 (Baca Juga:Liburan ke Hawaii, Bunga Citra Lestari Cicipi Lobster Raksasa!)

Kapten Vincent mengatakan tidak ada kursi yang paling aman, yang ada justru kursi yang paling nyaman. Ia pun mulai berjalan dan menjelaskan bagian kursi yang paling nyaman dalam pesawat Airbus A-320 yang dia gunakan setiap harinya.

“Yang duduk paling depan adalah kursi yang paling nyaman, suaranya lebih tenang yang ngebawa kan di depan paling enak. Yang duduk di belakang kan biasanya ada automatic rudder, jadi saat goyang-goyang yang duduk di belakang lebih tidak enak gocekannya,” lanjutnya.

Ia menjelaskan tempat ternyaman ada di dua tempat salah satunya adalah di kursi paling depan dan kursi paling tengah. Pasalnya kursi paling tengah merupakan center of gravity (CG) dari sebuah pesawat di mana itu adalah titik paling seimbang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini