nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya 5 Wisata Negeri di Atas Awan yang Ada di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 19:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 02 406 1999128 indahnya-5-wisata-negeri-di-atas-awan-yang-ada-di-indonesia-jQR8BRQSfz.jpg Wisata Negeri di Atas Awan Lolai, Toraja (Foto: hasbyradjab/Instagram)

WARGA Makassar tengah dihebohkan dengan kemunculan gumpalan awan hitam yang bergulung menyerupai ombak tsunami. Pemandangan aneh ini sempat tertangkap kamera warga yang berada di Bandara Sultan Hasannuddin.

Sebelumnya, awan berbentuk lafaz Allah juga sempat menghiasi langit Jakarta dan mendadak viral di media sosial. Berbicara soal awan, Indonesia sebetulnya memiliki sejumlah destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam nan indah. Tampilannya tentu saja jauh lebih menarik dibanding gulungan awan menyeramkan yang ada di Makassar.

Daripada penasaran, yuk simak langsung ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Rabu (2/1/2019).

Dataran Tinggi Lolai, Toraja

 

Lolai atau Lembang Mamulu merupakan sebuah perkampungan yang terletak di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara. Karena letaknya yang sangat tinggi, tempat ini juga sering disebut dengan Negeri di Atas Awan. Sesuai dengan namanya, di Lolai, Anda dapat menikmati sinar matahari terbit yang menembus gundukan awan putih yang begitu memesona. Namun, untuk menikmati pemandangan indah itu, Anda harus berada di lokasi setidaknya sekitar pukul 05.30 WITA. Berdasarkan pernyataan salah satu pengelola tempat tersebut, jika Anda ingin menikmati pemandangan awan putih yang berkumpul hingga menyerupai lautan luas, waktu yang tepat untuk berkunjung tempat ini adalah pukul 08.00 WITA.

Jarak yang harus Anda tempuh untuk mencapai Lolai adalah sekitar 1 jam dari Kota Rantepao, Toraja Utara. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan yakni, menyewa mobil dari penduduk lokal atau menggunakan kendaraan pribadi. Namun perlu diingat bahwa jalur yang akan Anda lalui cukup curam, sehingga membutuhkan konsentrasi dan tenaga yang ekstra saat berkendara.

 (Baca Juga:5 Potret Seksi Thylane Blondeau, Wanita Tercantik di Dunia)

Kebun Buah Mangunan

 

Lokasi tempat ini terletak di dataran tinggi Imogiri, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh jika dijangkau dari pusat kota Yogyakarta. Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 30-45 menit saja. Keistimewaan Kebuh Buah Mangunan sendiri sebetulnya terletak pada panorama alamnya yang begitu memesona.

Jika datang menjelang matahari terbit, Anda bisa melihat deretan bukit, lembah, sungai, dan hutan yang dihiasi kabut awang bergulung-gulung seperti kapas. Pemandangan seperti inilah yang membuat banyak wisatawan menjuluki Kebun Buah Mangunan sebagai negeri di atas awan. Setelah puas menikmati pemandangan magis tersebut, wisatawan bisa mampir untuk memetik dan membeli berbagai buah-buahan segar yang ditawarkan oleh penduduk setempat.

 (Baca Juga:Bertualang ke Air Terjun Donok, Surga Tersembunyi di Hutan Belantara Bengkulu)

Gunung Andong

 

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam yang indah adalah di atas puncak gunung. Namun bagaimana dengan wisatawan yang tidak terbiasa mendaki? Jangan khawatir, Indonesia sebetulnya memiliki beberapa gunung yang dapat dijajal oleh para pemula. Salah satunya adalah Gunung Andong yang terletak, di Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.463 Meter di atas permukaan laut. Banyak wisatawan datang ke sini karena pemandangan kabut dan awannya. Kendati jalur pendakian tidak serumit gunung-gunung lainnya, pendaki disarankan membawa alat mendaki ringan karena area pendakian terbilang licin, basah, dan berlumut. Apalagi di musim hujan seperti saat ini.

Lempuyang Luhur

 

Masih ingat dengan foto spektakuler yang diunggah oleh salah satu media internasional saat erupsi Gunung Agung di Bali? Salah satu fotonya ternyata diambil dari Pura Lempuyangan Luhur yang terletak di Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus mendaki Gunung Lempuyangan. Tidak perlu khawatir, jalur pendakian kini sudah dipermudah dengan adanya ratusan anak tangga. Sesampainya di atas, Anda akan disambut dengan panorama pegunungan dan awan yang memukau.

 

Gunung Prau

 

Terakhir ada Gunung Prau bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan suasana Negeri di Atas Awan. Gunung ini terletak di perbatasan 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Batang, Temanggung dan Wonosobo. Puncak Gunung Prau berada di ketinggian 2.590 Meter di atas permukaan laut. Di atas puncak inilah Anda bisa melihat pemandangan lautan awan yang indah. Jika menyambangi tempat ini pada malam hari, posisi awan akan berada tepat di bawah gunung dengan pemandangan langit yang jernih. Jangan lupa membawa pakaian hangat, mengingat suhu udaranya yang sangat dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini