nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Haya Bint Al Hussein, Putri Yordania Keturunan Langsung Nabi Muhammad SAW

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 09:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 03 196 1999270 10-fakta-haya-bint-al-hussein-putri-yordania-keturunan-langsung-nabi-muhammad-saw-1Sl02rCyTF.jpg Putri Haya dari Yordania (Foto: Stepfeed)

PERKENALKAN Haya Bint Al Hussein, perempuan ini tidak hanya cantik, tapi juga luar biasa. Dia bahkan menjadi salah satu sosok yang berpengaruh di Yordania.

Bagaimana tidak, banyak hal yang sudah dia lakukan untuk negaranya tersebut. Salah satu sejarah yang dia catat adalah menjadi atlet berkuda pertama dari Yordania yang bisa bertanding di Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney, Australia.

So, untuk menjelaskan lebih lanjut siapa Haya, Okezone merangkumnya dalam 10 fakta mengejutkan mengenai perempuan yang ternyata keturunan langsung Nabi Muhammad SAW ini.

1. Haya terkenal sangat cerdas dalam hal intelektual. Dia mendapatkan gelar BA MA honours degree di St. Hilda's College, Oxford University dalam bidang politik, filsafat, dan ekonomi. Ya, 3 bidang sekaligus!

2. Haya adalah perempuan satu-satunya di Yordania yang memegang izin mengendarai truk berat

3. Selain keturunan langsung Nabi Muhammad SAW, Haya juga diketahui adalah saudara tiri dari Raja Abdullah II dari Yordania

4. Perempuan kelahiran 3 Mei 1974 ini juga adalah wanita Arab pertama yang menjadi Goodwill Ambassador to the United Nations World Food Programme

5. Pada 2007, mantan Sekretaris PBB Ban Ki-Moon mengangkat Putri Haya sebagai Utusan Damai PBB

6. Aktif di bidang kemanusiaan, Putri Haya juga mendirikan LSM bantuan pangan pertama di Timur Tengah. LSM itu bernama Tkiyet Um Ali yang mana LSM ini dibangun untuk menghormati ibu mendiang Putri Haya, Ratu Alia dari Yordania. LSM ini bertujuan untuk memberikan bantuan makanan di setiap provinsi di Yordania.

7. Terkait dengan keikutsertaannya pada ajang olahraga berkuda internasional, Putri Haya mengikuti perlombaan itu pada usianya yang ke-13 tahun.

8. Siapa sangka, putri Yordania ini ternyata menyukai lagu bergenre rock n' roll. Band favoritnya adalah Guns N' Roses!

9. Putri Haya juga memiliki sebuah rumah sakit yang mana 90% dikelola oleh perempuan. Hal ini berkaitan dengan jabatannya sebagai Ketua Otoritas Kesehatan Kota Dubai. Rumah Sakit itu bernama Medcare Women & Children Hospital.

10. Dari semua prestasi itu, ternyata Putri Haya juga merupakan ikon fashion yang cukup disorot dunia. Beberapa gaya busananya menjadi highlight fashion dan itu benar terbukti. She's gorgeous!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini