nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyusuri Bangunan Unik di Joo Chiat Singapura, Lokasi Syuting Crazy Rich Asian

Renny Sundayani, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 03 406 1999456 menyusuri-bangunan-unik-di-joo-chiat-singapura-lokasi-syuting-crazy-rich-asian-hHEFPWYUxD.jpg Michelle Yeoh Menyusuri Jalan Joo Chiat Singapura (Foto: Warnerbross)

SUDAH pernahkah kamu menonton film besutan sutradara Jon M Chu berjudul 'Crazy Rich Asian'? Jika sudah, pastinya kamu hafal dengan jalan Joo Chiat, Singapura. Dimana Michelle Yeoh pemeran Eleanor Young sedang berjalan dalam adegan di Jo Chiat Road.

Jika dilihat, banyak bangunan antik nan kece yang ditampilkan dalam film tersebut. Berlokasi di timur Singapura, Jo Chiat adalah lokasi terbaik untuk menemukan toko antik, pusat kuliner dan banyak lagi. Joo Chiat sendiri merupakan daerah perkebunan kelapa dan digunakan sebagai tempat berlibur saat weekend oleh orang-orang kaya Katong. Jalan ini kemudian berkembang menjadi pemukiman di pinggir kota pada awal abad ke-20.

"Dulu daerah ini dihuni oleh kaum menengah berpendidikan Inggris yang semakin berkembang, termasuk Peranakan dan Eurasia," kata seorang tur Guide Alfred Hu.

Joo Chiat yang terletak tidak jauh dari Katong, dinamai berdasarkan Chew Joo Chiat, seorang tuan tanah keturununan Tionghoa kaya di abad ke-20-an. Identitas daerah Joo Chiat/Katong terbentuk secara khusus oleh arsitektur sebelum masa perang yang unik - rumah toko dua lantai yang penuh warna dan teras rumah dengan hiasan di depannya, motif yang kompleks, dan lantai keramik.

Perkebunannya telah lama hilang, tapi kamu masih bisa mengagumi daerah sekitarnya yang semarak dengan banyaknya rumah toko milik kaum Peranakan dan bungalow gaya kolonial yang tersebar di sana.

"Bangunan khas Peranakan punya karakteristik utama yaitu warna-warna mencolok," jelas Alfred Hu.

Alfred menambahkan plafon yang tinggi serta jendela besar pun selalu ada di setiap bangunan Peranakan, khususnya di kawasan Joo Chiat.

"Fungsinya agar sirkulasi udara menjadi lancar", kata Alfred Hu.

Area tersebut dapat kamu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Village Hotel Katong. Joo Chiat/Katong juga sangat dicintai oleh banyak penduduk Singapura sebagai surga makanan.

Sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di negeri ini, tak ayal jika Joo Chiat/Katong sangat dicintai oleh banyak penduduk Singapura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini