nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Buat Anak Jadi Survivor di Era Digital

Adinda Harum, Jurnalis · Jum'at 04 Januari 2019 11:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 04 194 1999848 5-cara-buat-anak-jadi-survivor-di-era-digital-XgRc271Aoe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI zaman yang serba canggih memang lebih memudahkan semua orang dalam kehidupan. Namun, ada satu hal yang Anda harus pikirkan mengenai anak-anak Anda yang terkena dampak buruk akan era digital tersebut.

Memang membesarkan buah hati di zaman millennial butuh usaha ekstra keras dibanding zaman dulu. Menurut laporan yang baru diterbitkan oleh Global Wellness Institute, Wellness in the Age of the Smartphone, revolusi teknologi ini akan mengacaukan segalanya tren dan tidak terhindarkan.

Selain itu, skala, kecepatan, luas dan kerumitannya pun tidak pernah bisa diukur. Akibatnya, orangtua harus berjuang keras untuk memperkirakan bagaimana gadget akan mengubah pekerjaan sosial, emosional, fisik, dan masa depan anak-anak mereka, entah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Melansir Psychologytoday, meskipun ada banyak ketidakpastian tentang pengaruh gadget bagi perkembangan manusia, data terbaru menyarankan cara cerdas untuk menjaga anak-anak dan remaja Anda tetap sehat di Era Digital.

Baca Juga: Dijodohkan dengan Dul, Begini 5 Gaya Seksi Aaliyah Massaid

Kelola waktu pemakaian

Ketika orang tua mengatur seberapa lama interaksi anak dengan gadget, mereka membantu anak-anak menemukan cara sehat lain untuk menemukan makna dalam hidup. Anak-anak menciptakan keseimbangan antara berinteraksi dengan teknologi dan mengembangkan hubungan kehidupan nyata.

Kenalkan aktivitas fisik

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa waktu tayangan berlebih berkontribusi pada ketidakaktifan dan krisis obesitas pada remaja saat ini. Pelajari bagaimana alam menumbuhkan kebahagiaan, dan dorong anak-anak Anda untuk aktif secara fisik seperti membaca buku, berolahraga, dan bermain bersama temannya.

Baca Juga: Seksinya Naomi Zaskia Pacar Baru Sule Panas-panasan di Pantai, Bikin Pria Basah Kuyup!

Pantau kesehatan mental

Pertumbuhan penggunaan media sosial dan teknologi juga meningkatkan depresi, kecemasan bahkan kasus bunuh diri. Orang tua yang memiliki informasi tentang trauma masa kecil dan gejala penyakit mental dapat bertindak lebih cepat untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

Membina pertemanan Anda

Sangat mudah untuk membayangkan bahwa media sosial meningkatkan konektivitas dan persahabatan untuk anak-anak. Namun, ada rasa kesepian yang tumbuh pada anak-anak dan remaja saat ini. Orang tua harus mendorong anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan bersama yang menyediakan interaksi sosial secara real time.

Aturan waktu tidur

Ada bukti yang berkembang bahwa perangkat digital di kamar tidur menghalangi anak-anak dan remaja saat tidur yang sangat mereka butuhkan. Tetapkan aturan yang akan diikuti oleh seluruh keluarga, biarkan perangkat mengisi daya di tempat lain dalam semalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini