nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aura Mistis Pura Pakualaman, Tempat Pernikahan Putra Paku Alam

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 08:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 05 406 2000251 aura-mistis-pura-pakualaman-tempat-pernikahan-putra-paku-alam-FEm4AMJinU.jpg Pura Pakualaman. (Foto: Instagram/Kundarii)

HARI INI Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro akan menikah dengan Maya Lakshita Noorya. Mereka akan menikah di Pura Pakualaman untuk pelaksanaan royal wedding.

Sejak kemarin sudah banyak rangkaian upacara adat pernikahan putra sulung KGPAA Paku Alam X. Pangeran Harya dan Maya Lakshita telah menggelar upacara Dhaup Ageng Putra Dalem.

Acara dihelat sakral dan menjadi pusat perhatian publik. Bukan soal itu saja, kalau mengintip dalamnya Pura Pakualaman selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis. Seperti apa sajakah itu?

Menariknya, sejarah dari Pura Pakualaman ini berdiri karena adanya unsur iri, kedengkian dan banyak orang saling menghasut, yang ujung-ujungnya memicu kehancuran kerabat istana.

Rupanya benih ketidaksukaannya muncul sejak zaman Belanda yang kalah perang dengan Perancis. Sampai akhirnya saat itu Deandles menguasai Jawa.

Baca Juga: Seksinya Naomi Zaskia Pacar Baru Sule Panas-panasan di Pantai, Bikin Pria Basah Kuyup!

Sultan Hamengku Buwono II tidak suka dengan sosok Deandles. Perebutan kekuasaan terjadi pada masa itu. Dia diturunkan tahtanya langsung oleh Deandles, kemudian digantikan dengan Sultan Hamengku Buwono III.

Saat mengunjungi Pura Pakualaman, Anda tidak boleh naik ke bangsal Sewatama. Namun saat upacara manten, tempat ini jadi pusat acara panggih atau bertemunya kedua mempelai pengantin.

Selain itu, pengunjung umum juga tidak diperkenankan masuk ke dalam bangunan Purwo Retno dan ke Istana Raja.

Pada malam hari, lokasi ini sepi dan tampak mistis. Apalagi pada dasarnya di malam hari lokasi ditutup untuk wisatawan umum.

Diintip Okezone dari Instagram resmi Pura Pakualaman, Jumat (4/1/2019), ketika royal wedding berlangsung, hampir seluruh bagian Pura Pakualaman dipakai untuk para tamu undangan. Misalnya, di dalam Kagungan Dalem Bangsal Parangkasa dimanfaatkan untuk tempat persiapan pernikahan Pangeran Harya dan Maya Lakshita. Saat prosesi siraman berlangsung juga menggunakan tempat ini.

Baca Juga: Diajak Naik Jet Pribadi Maia Estianty, Intip Keseruan Aaliyah Massaid dan Dul Jaelani

Di dalam ruangan tersebut terdapat furnitur kuno yang punya unsur misteri. Seperti kursi, meja dan lemarinya terlihat lawas dan dipajang sejak dahulu kala.

Kemudian, di manakah kamar pengantin khusus mempelai yang berbahagia? Disebutkan bahwa lokasinya dibuat di Gedong Ijem. Tempat ini jadi tempat khusus pengantin pria saat melakukan persiapan. Tentunya banyak misteri yang tersimpan di sana, yang membuat banyak orang penasaran.

Sementara itu, bangunan Kepatihan dikhususkan untuk pengantin perempuan beserta keluarganya. Saat hari-hari biasa, lokasi ini dimanfaatkan untuk tempat pertemuan yang sifatnya resmi atau sosial budaya.

Lalu, akad nikah dihelat di Masjid Agung Pakualaman. Banyak sudut-sudut ruangan kuno yang misterius. Banyak tamu undangan bakal hadir dari berbagai kalangan, salah satunya Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal hadir.

 

Menariknya lagi, di Pura Pakualaman pernah dipakai untuk pertemuan para ahli spiritual dan keluarga Pakualaman. Suatu saat pernah dibahas terkait mitos atau fakta adanya Kanjeng Ratu Kidul.

Dalam dialog tersebut menghadirkan Ki Juru Bangunjiwo. Dirinya membeberkan bahwa sosok Kanjeng Ratu Kidul itu ada, namun penampakannya terbilang abstrak. Dialog sakral itu dilakukan di Bangsal Kepatihan Pakualaman yang memukau khalayak.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini