nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tetap Berteman dengan Mantan, Apa Sisi Baik dan Buruknya?

Bagas Taruna , Jurnalis · Minggu 06 Januari 2019 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 06 196 2000614 tetap-berteman-dengan-mantan-apa-sisi-baik-dan-buruknya-QNUzlDHh6i.jpg Ilustrasi (Foto: Odisseyonline)

Memiliki pasangan baru seusai menjalin kasih dengan orang terdahulu merupakan kebahagiaan tersendiri. Atau memilih untuk menyendiri terlebih dahulu agar bayang-bayang dirinya bisa hilang dari benak. Namun, timbul satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Apakah wajar berteman kembali dengan orang yang pernah singgah di hati alias mantan?

Mengutip dari Hercampus, Minggu, (6/1/2019), berikut adalah sisi baik serta buruknya merajut hubungan persahabatan dengan mantan:

Sisi baik

1. Mencari tahu kenapa hubungan itu kandas

Berteman dengan mantan bisa memberi kesempatan baik untuk mengetahui akar penyebab kenapa hubungan Anda dengannya bisa berakhir. Pada waktu inilah Anda bisa membicarakannya tanpa perlu mendahulukan perasaan apa pun.

 Baca Juga: Diduga Terlibat Prostitusi, Intip Gaya Vanessa Angel Pakai Kebaya Bali

2. Mantan sudah tahu sifat Anda lebih banyak

Jika memulai hubungan itu dari pertemanan dan tidak mengakhiri masa pacaran dengan kejadian menyedihkan atau menyakitkan, maka jangan jadikan putus sebagai alasan untuk tidak lagi bersilahturahmi dengan mantan. Kenyataannya bahwa mantan bisa memberikan saran dalam kehidupan karena mereka tahu betul baik buruknya diri Anda sebelum berpisah.

3. Kesempatan baru

Meski pintu hatinya sudah tertutup, tapi pintu pertemanan dari mantan masih bisa terbuka, lho. Lagipula, berteman dengan mantan bisa menghilangkan rasa canggung.

 Baca Juga: Datang ke Nikahan Mantan? Lakukan 8 Hal Ini untuk Menghindari Drama

4. Menunjukkan kedewasaan Anda

Banyak dari pasangan yang sudah berpisah tidak lagi menghubungi mantannya karena gengsi. Tapi, dengan berteman dengan mantan, Anda menunjukkan bahwa memang pada dasarnya hubungan itu tidak bisa dilanjutkan tetapi ikatan sahabat masih bisa dibuat.

5. Melihat dari sudut pandang berbeda

Meski sudah berpisah, bukan berarti Anda tidak bisa mencari pandangan hidup dari angle yang berbeda. Anda sudah berteman dengannya sekarang, jadi jangan cari alasan untuk bertengkar dengannya.

Sisi buruk

1. Masa lalu bisa kembali

Berteman dengan mantan bisa menimbulkan halaman-halaman lama yang sudah robek kembali menghantui pikiran. Masalahnya, dengan timbulnya kenangan masa lalu, topik yang dibicarakan dengan mantan nanti akan terasa canggung yang menyangkut inginnya kembali menjadi pasangan. Lho, bukannya yang sudah berlalu mestinya diam jadi kenangan saja, ya?

2. Malah lebih dekat dibandingkan masa pacaran

Karena mungkin mantan merasa lebih nyaman dengan diri Anda yang sekarang, berhati-hatilah. Itu adalah pertanda mantan minta balikan.

3. Merasa terpaksa berteman dengan mantan

Walau sebenarnya mantan agak memaksa untuk masih berhubungan lewat pertemanan, tapi belum tentu Anda bahagia dengan keputusan ini. Masih banyak tipe teman yang akan Anda jumpai di dunia kelak. Tidak ada yang menyalahkan ketika Anda menolak permintaan mantan yang satu ini.

Baca Juga: Hayo Ngaku, Masih Suka Ingat Mantan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

4. Cemburu, padahal sudah tidak memiliki status dengan mantan

Apa faedahnya cemburu dengan mantan yang dekat dengan orang lain? Toh mereka sebenarnya juga memiliki kebebasan untuk dekat dengan siapa saja.

5. Gak bisa move-on

Hal yang paling ditakuti setiap orang bila masih berteman dengan mantan. Meski tak boleh berprasangka buruk, namun ada taktik dari mantan yang sebenarnya cuma beralasan ingin menjadi teman saja, padahal itu adalah rencana supaya Anda kembali ke pelukannya. Awas cinta lama bersemi kembali.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini