nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Panjang Umur dan Sehat? 4 Bumbu Ini Penting Ditambahkan Ke Makanan

Abdul Razak, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 05:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 06 298 2000713 ingin-panjang-umur-dan-sehat-4-bumbu-ini-penting-ditambahkan-ke-makanan-eKhk4pmdZT.jpg Ilustrasi lada hitam (Foto: Spicejungle)

SEMUA orang pasti menginginkan hidup yang panjang serta tetap bugar dalam usia lanjut. Anda juga paham pentingnnya makanan yang seimbang dan rendah lemak. Orang yang menyadari pentingnya kesehatan akan mengurangi makanan tidak sehat dan beralih ke buah atau sayuran.

Tidak hanya buah-buahan atau sayur-sayuran yang berdampak baik untuk tubuh, ternyata beberapa bahan dapur, seperti kunyit sangat baik dan berguna untuk tubuh Anda. Beberapa rempah-rempah yang tidak Anda sadari ini, ternyata penting dan berdampak besar untuk hidup sehat.

 

Melansir dari Express Uk, rempah-rempah biasanya ditambahkan ke makanan untuk penambah rasa, tetapi juga ada yang menggunakan untuk pengobatan. Menurut ahli gizi Juliette Kellow dan Dr Sarah Brewer dalam bukunya “Eat Better Live Longer” mengungkapkan, potensi untuk sehat tidak hanya dari buah dan sayuran tetapi dari rempah-rempah juga. Manfaatnya antara lain mencegah kanker, meningkatkan daya ingat, mengurangi peradangan dan sebagainya.

 Baca Juga: Seksinya Gaya BCL Memasak saat Liburan di Amerika

“Semua rempah-rempah adalah penguat antioksidan, rempah-rempah juga memiliki manfaat yang khusus untuk kesehatan,” ucap Juliette Kellow dan Sarah Brewer.

Berikut ini adalah empat rempah-rempah terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda:

1. Lada Hitam

 

Bumbu ini sangat sering ditemukan di dapur dan sering digunakan untuk memasak. Lada Hitam sangat bermanfaat untuk jantung Anda dan disebut sebagai bumbu yang “ramah jantung”. Selain itu, lada hitam mengandung alkaloid yang sangat bagus untuk pencernaan Anda. Oleh sebab itu, mulai coba memasukkan rempah-rempah ini kedalam makanan Anda ya!

 Baca Juga: Keunikan Kopi Hijau Seharga Rp4 Ribu yang Dibeli Presiden Jokowi

2. Kayu Manis

 

Sepertinya rempah ini sangat tidak asing bagi Anda karena banyak masakan menggunakan rempah ini. Kayu manis ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu, kayu manis sangat berguna untuk penderita diabetes. Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa, kayu manis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu kontrol gula darah, yang keduanya sangat penting bagi penderita diabetes.

3. Jahe

 

Hayo ngaku! Siapa yang pernah mengambil rendang eh malah dapat jahe? Rendang biasanya menggunakan jahe untuk penambah cita rasanya. Ternyata manfaat jahe untuk tubuh sangat besar yaitu dapat mengurangi rasa sakit pada sendi. Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol, maka dari itu jahe membantu mengurangi rasa sakit pada sendi Anda. Selain itu, jahe juga dikenal membantu meredakan mual.

 Baca Juga: Manfaat Buah Parijoto Khas Gunung Muria, Salah Satunya Bantu Cepat Hamil

4. Kunyit

 

Kunyit dapat dicari di mana-mana, bahkan Anda sendiri bisa menanamnya di rumah. Manfaat kunyit juga sangat banyak salah satunya membantu meredakan peradangan dalam jangka panjang. Kunyit juga membantu kesehatan otak, karena manfaat yang terdapat di dalamnya mencegah pembentukan plak amiloid-beta di otak. Tidak hanya itu saja, manfaat dari kunyit antara lain, membunuh sel kanker pada payudara, usus,kulit, dan mencegah kanker untuk tumbuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini