Share

Kabar Baik untuk Para Jomblo! Ini Manfaat Sendiri Dulu

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 07 196 2000891 kabar-baik-untuk-para-jomblo-ini-manfaat-sendiri-dulu-4FRKWZnDuJ.jpg Manfaat jadi jomblo (Foto:Ist)

MENGAKHIRI hubungan yang telah dibina selama jangka waktu tertentu tidak pernah mudah bagi siapapun. Perpisahan dapat menyebabkan trauma mendalam bagi salah satu pihak atau bahkan keduanya. Tak sedikit yang berusaha menyembuhkan trauma itu dengan menjalin hubungan baru.

Kebanyakan enggan berurusan dengan rasa sakit yang mengakar dan takut dengan sendirian. Padahal, langsung menjalin hubungan baru setelah hubungan terdahulu kandas tidaklah baik. Alasannya karena hati belum sepenuhnya pulih dari hubungan masa lalu. Dengan demikian, masalah di hubungan terdahulu bisa terbawa ke hubungan baru.

BACA JUGA:  Seksinya Naomi Zaskia Pacar Baru Sule Panas-panasan di Pantai, Bikin Pria Basah Kuyup!

"Jika kamu tidak mencuci pakaian, pada akhirnya kamu tidak akan punya apa-apa untuk dipakai dan itu sama dengan hubungan. Jika kamu tidak berada di atas kontrol mentalmu, maka kamu tidak akan memiliki apa-apa untuk diberikan kepada dirimu sendiri, apalagi orang lain," ujar pakar hubungan Lianne Young seperti yang dikutip Okezone dari RTE, Senin (7/1/2019).

BACA JUGA:  DJ Seksi dari Singapura Ini Minta Teman-Teman Cicipi ASI-nya

Menurutnya, cara yang baik untuk menyembuhkan trauma hubungan adalah ide untuk melajang selama periode waktu tertentu. Lancarkan ide itu dengan menghapus aplikasi kencan, menolak kencan buta, dan jangan aktif mencari pasangan baru. Cara-cara itu akan menumbuhkan ketangguhan dan bisa mengatasi kecemasan tentang sendirian.

"Menjalin hubungan akan menguras tenaga, baik secara emosional maupun fisik. Ketika hubungan berakhir, yang terbaik adalah menggunakan waktu tersebut untuk mengatur ulang batasan yang terbentuk selama hubungan. Ini akan membantu membangun harga diri sebagai individu dan tidak sebagai bagian lain dari suatu hubungan," terang Lianne.

Menjadi lajang atau menjomblo adalah saat yang tepat untuk mengisi energi kembali, fokus pada diri sendiri, dan menumbuhkan perkembangan pribadi. Manfaat itu akan membantu seseorang mengetahui hal yang diinginkan dari hubungan dan kehidupan.

 

"Selama perpisahan lakukan yang terbaik untuk lebih aktif secara sosial dan tidak berkubang dalam mengasihani diri sendiri. Kalau tidak, apa gunanya istirahat? Gunakan waktu ini untuk menikmati waktu bersama teman-teman dan berinvestasi dalam dirimu untuk sementara waktu. Ini juga baik secara mental untuk merefleksikan hubungan sebelumnya dari luar situasi," papar Lianne.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memulai hubungan kembali?

"Ketika Anda sudah mulai melihat diri sendiri sebagai individu lagi. Ketika Anda mulai berpikir ke depan, bukan di masa lalu, itu juga merupakan tanda bahwa Anda siap untuk maju," pungkas Lianne.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini