nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Melamar Pekerjaan Baru di Januari

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 07:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 07 196 2001168 ini-alasan-mengapa-banyak-orang-melamar-pekerjaan-baru-di-januari-NWhYWjuFGG.jpg Melamar pekerjaan baru (Foto: Indianexpress)

MENYONGSONG tahun yang baru, biasanya banyak orang menyambutnya dengan memiliki sederet resolusi atau tujuan yang ingin dicapai. Daftar resolusi tersebut bisa dalam berbagai aspek, entah itu spesifik dalam soal hubungan asmara, pertemanan, keluarga, kesehatan, keuangan, ataupun karier.

Salah satu resolusi yang paling sering dibuat oleh kebanyakan orang di tahun yang baru, tidak dapat dipungkiri ialah pekerjaan yang lebih baik. Lebih baik dalam aspek yang biasanya banyak dicari ialah, pendapatan tentu saja.

Maka dari itu, sebagaimana dilansir Timesofindia, Selasa (8/1/2019) disebutkan menurut data statistik dari situs Monster.com, salah satu situs ketenagakerjaan global paling populer, jumlah aplikasi pekerjaan dari pengguna meningkat sebanyak 75 persen pada bulan Januari. Dengan data ini, maka bisa dikatakan maka bulan pertama di tahun baru adalah salah satu bulan paling populer bagi kebanyakan orang untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga : 5 Potret Vanessa Angel Liburan Bareng Kekasih, Hot Basah-Basahan Pakai Bikini!

Lalu mengapa banyak orang mencari kerja di bulan Januari? apa yang membuat bulan pertama dalam periode 12 bulan ini membuat kebanyakan orang mulai mencari kesempatan baru untuk soal karir. Well, alasan di belakangnya ternyata cukup beragam. Seperti dikatakan oleh para spesialis sumber daya manusia ada banyak alasan, termasuk ketidakpuasan kerja, resolusi tahun baru, hingga alasan ekonomi. Inilah beberapa alasan yang membuat orang mencari pekerjaan di bulan Januari.

 

Untuk resolusi tahun baru, bagi kebanyakan orang, Januari adalah bulan yang pas untuk memulai sesuatu yang baru. Ketika satu tahun berakhir, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk mengevaluasi apa yang berjalan dengan benar dan apa yang tidak dan jika mereka tidak bahagia dalam pekerjaan saat ini, maka momen awal tahun baru menawarkan peluang sempurna untuk perubahan.

 

Alasan lain yang disebutkan ialah alasan ekonomis, alasan ini dikatakan sebagai faktor paling penting di balik keputusan seseorang untuk mencari pekerjaan baru di bulan Januari. Untuk kantor atau perusahaan yang tahun keuangannya dihitung dari Januari hingga Desember, maka orang akan menunggu sampai mereka mendapatkan bonus tahunan sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dan keluar dari kantor tersebut.

Hal yang sama berlaku untuk orang-orang yang bekerja di tempat di mana tahun keuangan dihitung dari bulan April hingga Maret karena jika mulai mencari pekerjaan pada bulan Januari, maka akan bisa memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan sebelum tahun keuangan berakhir pada bulan Maret lalu dapat mengumpulkan bonus sebelum mengajukan pengunduran diri.

Baca Juga : Menengok Gaya Eyna, Selebgram Cantik yang Dapat Hadiah Mercederz-Benz

Akan tetapi, perlu dicermati dalam mencari pekerjaan baru di bulan Januari ini harus diingat ialah  peluang mendapatkan posisi yang tepat menjadi lebih rendah karena meningkatnya jumlah pesaing. Jadi, Anda perlu mempersiapkan dan memperbarui resume dan menambah kemampuan diri agar pencarian pekerjaan baru bisa lebih siap untuk dihadapi. Semakin banyak kemampuan baru yang dimiliki, maka semakin tinggi peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini