nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Clean Sleeping, Resolusi Hidup Sehat Gwyneth Paltrow di 2019

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 03:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 07 481 2000773 mengenal-clean-sleeping-resolusi-hidup-sehat-gwyneth-paltrow-di-2019-l3oRikn5D2.jpg Tidur sehat ala Gwyneth Paltrow (Foto:Ist)

AWAL tahun selalu identik dengan resolusi dengan harapan menjalani hidup yang lebih baik. Salah satu resolusi yang mungkin diinginkan adalah perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Tak hanya dari makanan atau kebiasaan berolahraga, hidup sehat juga harus memerhatikan kualitas tidur.

Salah seorang ahli kesehatan, Gwyneth Paltrow, menyarankan agar orang-orang melakukan ‘tidur bersih’ atau ‘clean sleeping’. Konsep ini telah menjadi populer selama beberapa tahun terakhir dan tidak jauh berbeda dengan clean eating. Clean sleeping dimaksudkan agar setiap orang mendapatkan setidaknya tujuh atau delapan jam tidur yang berkualitas setiap malam.

BACA JUGA:  Intip 5 Gaya Menggoda Vanessa Angel saat Liburan

Gwyneth menjelaskan bila tidur yang kualitasnya buruk dapat mengganggu metabolisme dan hormone. Akibatnya dapat terjadi kenaikan berat badan, suasana hati yang buruk, gangguan memori, dan kabut otak. Sebaliknya, pola tidur yang sehat dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari secara positif, menjaga tingkat energi, meningkatkan suasana hati, dan membantu membangun kepercayaan diri.

 

Di sisi lain, seorang pakat tidur, Dr Nerina Ramlakhan, mengatakan setelah tidur nyenyak orang cenderung bangun dengan perasaan segar dan bersemangat untuk menjalani rutinitas. Lantas apa yang sebenarnya dimaksud dengan clean sleeping? Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari RTE, dalam praktiknya tidur sehat berarti memasukkan diri ke dalam serangkaian kebiasaan yang sehat atau setidaknya teratur seperti jarum jam.

Ritme sirkadian tubuh tidak lebih dari konsistensi. Jadi, bila ada yang tidak bisa tidur pukul 9 malam dan baru merasa mengantuk pada pukul 10 malam, pastikan waktu tidur selalu sama setiap harinya. Rutinitas ini akan membuat perbedaan dan dapat membantu membangun kebiasaan sehat. Sementara itu, rekomendasi lainnya adalah melakukan meditasi, menenangkan diri, atau pijat sebelum tidur. Cara-cara itu dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Ada beberapa langkah mudah dan praktis untuk memulai clean sleeping. Pertama adalah mengurangi penggunaan layar di malam hari dan khususnya satu jam sebelum tidur. Seperti yang diketahui, di zaman modern sekarang ini banyak orang sulit lepas dari gadgetnya.

BACA JUGA: Seksinya Gaya BCL Memasak saat Liburan di Amerika

"Jika Anda serius ingin tidur nyenyak, Anda harus berhenti melihat ponsel satu jam sebelum tidur. Bahkan letakkan ponsel di luar kamar tidur. Bagi yang butuh menyetel alarm bisa menggunakan jam beker,” ujar Dr Nerina.

Selanjutnya, hal lain yang perlu diingat adalah jumlah jam tidur akan kurang berkualitas bila dilakukan dengan tidak nyaman. Oleh karenanya pastikan tempat tidur dalam keadaan nyaman dan baik. Kalau perlu gunakan sarung bantal dan sprei yang lembut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini