nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Titi Wati Miliki Berat Badan 350 Kg, Ini Bahaya Konsumsi Air Es

Bagas Taruna , Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 12:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 08 481 2001385 tati-wati-miliki-berat-badan-350-kg-ini-bahaya-konsumsi-air-es-t5s6mrz8NJ.jpg Wanita Tergemuk di Palangkaraya (Foto: Antara)

TIAP hari manusia butuh asupan gizi dari makanan serta minuman. Tapi, bagaimana bila jumlah porsi santapan itu berlebihan? Tentunya badan akan menjadi korban karena lemak jahat atau metabolisme tubuh yang sulit bekerja.

Mungkin Anda sedang dikejutkan dengan wanita asal Palangkaraya yang kesusahan untuk beraktivitas karena berat badannya yang berlebih? Belum lama ini, Titi Wati sedang menggemparkan media karena kebiasaannya meminum air es secara berkala sehingga bobotnya mencapai 350 kilogram. Selain karena sering mengonsumsi kudapan, ternyata air es ini bisa menambah berat badannya dari yang semula hanya 60 kilogram menjadi naik hingga mencapai angka tersebut.

Tentu saja hal ini mencengangkan karena lazimnya penyebab obesitas yang masyarakat ketahui bersumber dari makanan berlemak tinggi serta aktivitas seperti kebanyakan tidur. Tapi, melansir dari Babamail pada Selasa, (8/1/2019), ternyata air es juga berbahaya bagi berat badan Anda. Selain kasus seperti wanita Palangkaraya sebelumnya, berikut dampaknya.

Baca juga:

1. Obesitas

Memaksa badan untuk bekerja lebih dengan meminum air es supaya kalori bisa terbakar bukanlah anggapan yang benar, lho. Justru, suhu dingin dari air es membuat kandungan lemak pada tubuh menjadi beku dan mengeras. Maka, tubuh akan lebih sulit mencerna lemak tersebut. Serta, suhu dingin air es malah menghambat proses rehidrasi karena sebenarnya tubuh harus memiliki temperatur yang tepat agar proses itu bisa terjadi.

2. Sembelit dan gangguan perut

Meminum cukup air tentu bermanfaat bagi pencernaan. Tetapi, jika yang diminum adalah air es dalam jumlah banyak, makanan yang sudah dicerna sampai halus malah berkontraksi dengan usus. Menyebabkan Anda akan sulit BAB, apalagi bila sudah kebelet. Gangguan lainnya juga berpotensi muncul seperti sakit perut dan mual. Suhu dingin umumnya anti-inflamasi, maka pembuluh darah manusia bisa tertarik karenanya.

3. Menyerap banyak energi tubuh

Walau menegak segelas air dingin menjadi kenikmatan tersendiri secara jangka pendek, kenyataannya air es malah menguras energi tubuh. Ini dikarenakan karena tubuh sedang menghangatkan suhu air es yang masuk ke dalam tubuh.

 

4. Menurunkan detak jantung

Suhu dingin bisa menyebar pada seluruh tubuh, begitupun dengan saraf vagus yang berada di belakang leher. Detak jantung Anda bisa menurun dan baru membaik bila suhu tubuh sudah normal.

5. Sakit tenggorokan

Suhu dari air es bisa menyebabkan hidung mampet. Terlebih, lendir seperti ingus bisa hadir pada saluran napas, membuat iritasi pada tenggorokan.

6. Sakit kepala

Mungkin sering mendengar istilah brain freeze karena es krim atau minuman dingin? Begitupun dengan air es. Sensasinya akan mengganggu saraf pada tulang belakang yang akan berdampak pada otak. Alhasil kepala Anda sering sakit karenanya, betul?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini