Kena Hoax Meninggal, Ustadz Yusuf Mansur Langsung Sambangi Ustadz Arifin Ilham

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 09 196 2001932 kena-hoax-meninggal-ustadz-yusuf-mansur-langsung-sambangi-ustadz-arifin-ilham-iI72C8Qcb8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEL kanker yang menyerang tubuh Ustadz Arifin Ilham bukan cuma di bagian kelenjar getah bening saja. Dirinya juga mengidap kanker nasofaring yang menyebar ke area hidung dan pernapasan.

Seiring kabar hoax meninggalnya Ustadz Arifin Ilham yang beredar di masyarakat, Ustadz Yusuf Mansur pun memastikan kondisi sang sahabat yang tengah dirawat di RSCM sehari lalu.

Dia menegaskan bahwa kondisi Ustadz Arifin Ilham dalam keadaan baik-baik saja. Dai kondang Tanah Air itu dirawat karena kondisi tubuhnya menurun pasca-sembuh dari kanker.

"Ustadz Arifin Ilham memang pernah sakit kanker. Dia kini dalam keadaan baik-baik saja, hanya saja tubuhnya drop," ucap Ustadz Yusuf Mansur saat dihubungi Okezone, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: Viral Bocah Mukbang dengan Editan Konyol, Kepercayaan Dirinya Patut Diacungi Jempol

Dia menambahkan, beberapa kalangan ulama Indonesia datang menjenguk Ustadz Arifin Ilham. Semua mendoakan agar sahabatnya itu cepat sembuh.

Ketika di rumah sakit, Ustadz Yusuf Mansur masih bisa bercengkrama dengan Ustadz Arifin Ilham. Di tengah waktu istirahatnya, dia mendoakan sambil menggenggam tangan.

"Saya doakan kesembuhannya, di situ dia menggenggam erat tangan kencang, lalu tidur ngorok dan sempat menangis. Terharu jadinya," beber Ustadz Yusuf Mansur.

Sebelumnya memang dikabarkan bahwa Ustadz Arifin Ilham mengidap kanker nasofaring, yang menyerang bagian hidung dan pernapasan. Namun dirinya menyembunyikan sampai akhirnya bisa sembuh.

Baca Juga: Seksinya Naomi Zaskia Pacar Baru Sule Panas-panasan di Pantai, Bikin Pria Basah Kuyup!

Dihubungi terpisah, Ahli Kanker Kepala Leher dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K) PhD menjelaskan, kanker nasofaring dapat menyerang bagian tenggorokan dan belakang hidung manusia. Ada banyak faktor risiko yang bisa membuat seseorang mengidap kanker nasofaring.

"Seringnya mengonsumsi makanan yang diawetkan, infeksi virus epstein barr, hingga paparan asap rokok dan polusi bisa picu kanker nasofaring," terang dr Marlinda.

Pasien yang menderita penyakit ini adalah pria. Rata-rata usianya adalah 50-60 tahun. Tapi pria usia muda juga tidak menutup kemungkinan menderita kanker nasofaring.

Pasien bisa sembuh dengan cara kemoterapi dan radiasi. Namun juga didukung dengan rehabilitasi medik dan mengatur pola makan dengan benar.

Ketika sembuh, tak menutup kemungkinan kondisi pasien akan drop. Karena itu dapat disebabkan karena efek dari pengobatan dan pasien terlalu lelah. "Gaya hidup sehat itu penting dijaga saat pasien sudah sembuh. Apalagi dari pola makan dan harus tinggal di lingkungan bersih," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini