nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Ketahui Adab Menjenguk Orang Sakit di Sini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 08:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 196 2002397 jokowi-menjenguk-ustadz-arifin-ilham-ketahui-adab-menjenguk-orang-sakit-di-sini-dDsFCkRZMH.jfif Jokowi Jenguk Ustadz Arifin Ilham (Foto: Biro Pers/Setpres)

PRESIDEN JOKO WIDODO menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Rabu 9 Januari 2019. Momen kedatangannya ke rumah sakit membuat banyak orang tersentuh. Dalam postingannya di Twitter, Jokowi menyampaikan pesan yang luar biasa untuk masyarakat. Dalam postingan itu, Jokowi menuliskan kalimat sebagai berikut;

"Mari mendoakan kesembuhan Ustadz Arifin Ilham yang saat ini di rawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Semoga beliau cepat sembuh, penyakitnya diangkat oleh Allah SWT. Masyarakat menunggu Ustadz Arifin Ilham untuk berdakwah dan berkegiatan seperti sedia kala. Amin."

loading...

Baca juga:

Di postingan ini Jokowi juga menyisipkan foto dirinya bersama sang pendai tersebut. Jabatan tangan dan tundukan kepala Jokowi dimaknai sebagai bentuk rasa hormat kepada sang ustadz.

Membahas hal ini lebih jauh, Okezone coba mewawancarai Pengurus Lembaga Dakhwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Ustadz Fauzan Amin terkait bagaimana sebetulnya adab menjenguk orang sakit.

Dalam penjelasannya, Ustadz Fauzan menjelaskan bahwa ada 5 poin utama dalam menjalankan adab menjenguk orang sakit.

"Hal pertama adalah harus ikhlas. Lalu pilih waktu yang tepat, mendoakan orang yang sakit, mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan, dan terakhir menunjukan belas kasih," terangnya pada Okezone, Kamis (10/1/2019). Lebih detailnya, Ustad Fauzan menjelaskannya dalam paparan berikut;

1. Menengok orang sakit harus ikhlas dan dengan niat baik. Sabda nabi:

مَنْ عَادَ مَرِيْضاً أَوْ زَارَ أَخاً لَهُ فِي اللهِ أَيْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ نَادَاهُ مُنَادٍ بِأَنْ طِبْتَ وَطَابَ مَمْشَاكَ وَتَبَوَّأْتَ مِنَ الْجَنَّةِ مَنْزِلاً

“Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah atau di jalan Allah, akan ada yang menyeru kepadanya, ‘Engkau telah berlaku mulia dan mulia pula langkahmu (dalam mengunjunginya), serta akan kau tempati rumah di Surga.”

[HR. At-Tirmidzi no. 2008]

2. Pilih waktu tepat, jangan memberatkan yang dijenguk, meminta izin terlebih dahulu sebelum menjenguknya, mengetuk pintu rumahnya dengan pelan, dan tidak berlama-lama karena bisa jadi itu dapat membuatnya lelah. Di jelaskan:

العيادة اخفها قياما

Menengok orang sakit sekurang-kurangnya cukup berdiri saja.

3. Mendo’akan orang yang sakit agar cepat sembuh. Hadits nabi:

إِذَا دَخَلَ عَلَى مَنْ يَعُوْدُ قَالَ: لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Apabila beliau mengunjungi orang yang sakit, beliau berkata, ‘laa ba’-sa thahuurun insyaa Allaah (tidak mengapa semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah).’” [HR. Al-Bukhari no. 5656].

4. Mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan dan mengucapkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

“Ya Allah, Rabb pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah, Engkau-lah Yang Mahamenyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikitpun penyakit.” [HR Muslim no. 2191 (46)].

5. menunjukkan belas kasih kepada yang sakit, menasehatinya agar bersabar terhadap penderitaan sakitnya. Berdo’a lah dengan suara yang pelan untuk keselamatan dirinya, do’a tersebut adalah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً

“Segala puji bagi Allah Yang menyelamatkan aku dari musibah yang Allah timpakan kepadamu. Dan Allah telah memberikan kemuliaan kepadaku melebihi orang banyak.” [HR Ibnu Majah no. 3892].

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini