nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Terbaik Padamkan Api Cemburu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 196 2002444 kontrol-diri-cara-terbaik-padamkan-api-cemburu-V6vsSMBlDq.jpg Kontrol diri untuk atasi cemburu buta (Foto:Ist)

PEMBUHUNAN Andriana Yubelia Noven Cahya menjadi topik hangat saat ini. Api cemburu menjadi dugaan terkuat pelaku menusukkan pisau tajamnya sedalam 22 cm hingga akhirnya siswi SMK Baranangsiang Bogor tersebut tewas.

Miris memang bahwa hal sepele seperti cemburu bisa kemudian menutup sisi kemanusiaan seseorang. Tapi, Psikolog Meity Arianty, STP, M.Psi, menerangkan bahwa bentuk cinta generasi sekarang itu lebih reaktif.

BACA JUGA:  5 Potret Seksi Anya Geraldine, Bikin Hotman Paris Panas Dingin!

"Masalah cinta itu bukan hal sepele, ini bahkan bisa menjadi hal besar bagi sebagian orang. Emosi itu selalu ada dua-duanya di dalam diri seseorang. Hal ini yang kemudian menciptakan ketika ada sisi positif cinta, maka akan ada sisi negatifnya," terangnya pada Okezone, Rabu (9/1/2019).

Dia menjelaskan, jadi kalau ada rasa cinta yang teramat besar atau kuat akan memunculkan juga rasa benci yang sama besar bila kekecewaan itu muncul. Pendapat mengenai "Jangan terlalu mencintai seseorang begitu dalam" pun menjadi ucapan yang berdampak besar di kasus ini.

 

Kemudian, bicara mengenai pendapat "Jangan terlalu cinta pada seseorang", Psikolog Mei punya pandangannya.

"Faktanya menjelaskan bahwa selalu sulit buat remaja sekarang untuk melakukan hal tersebut. Mereka selalu berlebihan dalam segala hal, karena enggak bisa mengontrol diri dan emosinya," tambahnya.

Ketidakmampuan dalam mengontrol diri ini yang kemudian bisa menyebabkan fungsi otak seseorang tidak berjalan dengan baik. Cemburu yang berlebihan dan tindakan pembunuhan ini menjadi contoh. Sekali pun sampai detik ini belum ada keterangan resmi terkait motif pelaku melakukan hal tidak terpuji itu.

BACA JUGA:  Angelina Jolie Masuk Rumah Sakit?

Rasa cemburu ini yang kemudian menurut Psikolog Mei menjadi celah pikiran dan ide pembunuhan itu muncul. "Saat seseorang sakit hati, maka otak tidak berfungsi normal. Dengan begitu, orang tersebut menjadi melihat sesuatu nggak pada tempatnya," sambungnya.

Maka dari itu, sambung Psikolog Mei, kontrol diri menjadi penting di sini. Jika Anda bisa mengontrol diri dengan tepat, maka sepertinya keinginan untuk melakukan hal yang tidak manusiawi tidak akan terjadi. "Kontrol diri itu bagaimana kita mengatasi keinginan atau nafsu kita. Ini bisa jadi keluar tanpa disadari dan tugas kita lah untuk mengendalikannnya," tambahnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini