nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prostitusi Online, Pakar Kebohongan Ungkap Arti Tangisan AS

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 15:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 196 2002626 nangis-saat-konferensi-pers-pakar-kebohongan-ungkap-arti-tangisan-as-FSzzqULpnT.jpg Avriellya Shaqilla saat konferensi pers (Foto: Instagram)

SETIAP orang yang melakukan kesalahan pasti memiliki ciri atau tanda-tanda khusus yang ditunjukkan dalam ekspresi dan tingkah yang dilakukannya. Apalagi jika masalah yang dialami orang tersebut cukup berat dan melibatkan banyak pihak.

Ya, baru-baru ini kasus prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel (VA) dan Avriellya Shaqilla (AS) tengah hangat menjadi perbincangan publik. Bahkan tagar Menjemput Rezeki di 2019 kian menjadi bahan candaan saat ini.

Beberapa hari lalu, publik dihebohkan dengan sesi jumpa wartawan yang memperlihatkan sosok AS yang menangis meminta maaf di hadapan publik sambil menyesali perbuatannya. Tentunya banyak yang penasaran, apakah tindakan AS tersebut murni, atau hanya berpura-pura.

Untuk mengetahui secara gamblang, Okezone melakukan wawancara eksklusif dengan Pendeteksi Kebohongan (Lie Detector), Handoko Gani MBA BAII LVA, perihal ekspresi AS saat sesi jumpa wartawan beberapa hari lalu.

 

Baca Juga: 5 Gaya Berbusana Angela Gilsha, Artis Cantik yang Disebut Kekasih Stuart Colin

Menurut Handoko, ekspresi AS saat meminta maaf di hadapan publik mencerminkan perasaan takut dan sedih. Ia pun tidak menemukan emosi atau kemarahan dalam diri model cantik tersebut.

“Ketika menganalisis AS, kita melihat emosi yang terlihat lebih intens (takut, sedih) dan tidak ditemukan kemarahan. Indikator seseorang berpura-pura adalah adanya adegan lainnya yang juga berpura-pura. Memang AS terlihat ada senyum dan badannya swing (bergerak memutar dalam beberapa kesempatan),” tutur Handoko saat dihubungi Okezone, Rabu (9/1/2019).

Namun, dengan gestur tubuh AS yang tidak bisa diam itulah menunjukkan ketegangannya, sama seperti apa yang dirasakan Vanessa Angel pada saat jumpa wartawan sebelumnya. Reaksi keduanya menyimpang dari normal dan menunjukkan ketakutan atau stressful.

 Baca Juga: Aura Kasih Tetap Tampil Seksi saat Hamil, Masih Rajin Pakai Tank Top

“Dalam video AS, emosi yang saya liat betul adalah emosi sedih. Dan sebagai ahli, kita mengecek reaksi emosi sedih itu bukan hanya yang makro seperti sedih tersedu-sedu atau tertawa terbahak-bahak hingga tidak bisa berbicara. Kami mengecek juga mikro ekspresinya. Nah, mikro ekspresi ini adalah ekspresi dari emosi asli yang sama sekali tidak bisa dibendung. Emosi asli jiwanya,” lanjutnya.

Terkait ekspresi senyum yang dikeluarkan AS pada saat di tengah dan di akhir pernyataan, Handoko menilai hal tersebut sepenuhnya mencerminkan ekspresi aslinya yakni takut dan sedih. Alhasil ia bisa menyimpulkan bahwa tangisan AS murni dari hatinya dan tidak dibuat-buat.

“Soal terlihat tersenyum di tengah ataupun di akhir pernyataannya, saya sudah lihat. Ekspresi aslinya adalah sedih dan takut (stressful). Senyum itu mungkin hanya untuk menutupi saja. Jadi, menurut saya, ekspresi AS itu real bukan fake,” sambungnya.

“Ini salah satu yang membingungkan pihak awam. Saya pastikan memang senyum tipis. Tapi ini belum masuk substansi pernyataan inti. Baru prolog di depan. Kegugupan juga bisa mbuat orang senyum. Kita mengenalnya sebagai salah tingkah (salting)".

Menurutnya ekspresi seperti ini adalah ekspresi stressful (takut / tertekan) dan sedih pada level yang sudah masuk D (A terendah, E tertinggi). Ini adalah ekspresi mikro bukan makro. Yang bersangkutan juga kemungkinan tidak sadar telah berpose seperti ini.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini