nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mesin Pembuat Permen Kapas Ternyata Diciptakan Dokter Gigi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 11:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 10 298 2002449 mesin-pembuat-permen-kapas-ternyata-diciptakan-dokter-gigi-4h3pqfTay1.jpeg Mesin permen kapas diciptakan oleh seorang dokter gigi (Foto:Huffpost)

BANYAK yang tidak menyadari bahwa beberapa produk memiliki sejarah yang cukup mengejutkan. Penemu Play-Doh, pada awalnya menciptakan produk tersebut untuk dijadikan pembersih wallpaper. Pada 1920-an, Lysol (nama merek pembersih rumah tangga) digunakan untuk membersihkan kemaluan wanita dan sebagai alat kontrasepsi.

Ironisnya, mesin pembuat permen kapas ternyata ditemukan oleh seorang dokter gigi. Jika ditilik dari sejarahnya, berbagai bentuk gula pintal (mesin pembuat permen kapas) sebetulnya sudah ada sejak 500 tahun silam. Permen kapas bahkan diketahui sudah menjadi camilan di berbagai belahan dunia dalam sejarah kehidupan manusia.

BACA JUGA:  5 Potret Seksi Anya Geraldine, Bikin Hotman Paris Panas Dingin!

Pada sebuah buku berjudul Sweets: A History of Candy, sejarawan makanan, Tim Richardson mencatat bahwa orang-orang Venesia pada awal abad pertengahan merebus sirup gula, lalu menggunakan garpu untuk menarik adonan hingga teksturnya terlihat lebih panjang, kencang, dan renyah.

Proses pembuatan permen kapas juga dkilaim membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tak heran jika kala itu hanya para bangsawan atau orang kaya yang dapat menikmatinya.

Saat mengunjungi Venesia pada akhir abad ke-16, Henri III dari Prancis menikmati yang menampilkan 1.285 hidangan, termasuk tablecloth (taplak meja) yang terbuat dari gula.

 

Selidik punya selidik, benda tersebut merupakan karya seorang dokter gigi asal Tennessee, William J. Morrison. William lah yang menciptakan mesin berputar yang masih populer hingga saat ini. Setelah lulus dari University of Tennesse Dental College pada 1890, ia mulai mendalami hubungan permen dan kesehatan gigi.

 

Morrison kemudian terpilih menjadi presiden dari Tennessee State Dental Association pada 1894. Tiga tahun berselang, ia menjalin kerjasama dengan pembuat manisan asal Nashville, John C. Wharton. Keduanya bermasuk membuat mesin yang akan mengurangi tenaga kerja manual untuk membuat permen kapas.

Benar saja, setelah melakukan sejumlah eksperimen, pasangan ini berhasil mematenkan apa yang mereka sebut "candy machine" yang dapat melelehkan gula dan memutarnya hingga menyerupai kapas seperti yang sering Anda temui di bazar atau wahana bermain lainnya.

Pada 1904, Morrison dan Wharton kemudian memperkenalkan mesin dan permen kapas hasil kreasi mereka dengan nama "Fairy Floss di Louisiana Purchase Exposition (St. Louis World's Fair).

Fairy Floss ternyata berhasil menarik perhatian para pengunjung. Produk tersebut bahkan terjual lebih dari 68.000 unit dengan harga 25 sen per bungkus.

 

Meski Morrison dan Wharton telah dinobatkan sebagai penemu mesin permen kapas, beberapa orang mengklaim bahwa ada tokoh-tokoh lain di balik sejarah kudapan bercita rasa manis.

BACA JUGA:  Angelina Jolie Masuk Rumah Sakit?

Seorang pria bernama Thomas Patton diketahui menjadi orang pertama yang membuat mesin permen kapas, namun dengan bantuan tenaga gas. Dia menerima paten tersebut pada tahun 1901. Dokter gigi muda lain bernama Josef Lascaux juga berkontribusi pada sejarah terbentuknya permen kapas, karena dialah yang mempopulerkan istilah cotton candy.

Tidak hanya itu, Lascaux digadang-gadang menciptakan mesin serupa pada 1921. Namun dari sekian banyak penemuan, Gold Medal Products Co. lah yang berhasil memproduksi model lebih modern. Mereka mengadopsi model mesin permen kapas yang muncul pada akhir 1940-an. Perusahaan ini diketahui masih menjual mesin permen kapas. Demikian dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (10/1/2019).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini