nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Memotret Makanan agar Instagramable, Langsung Dapat Banyak Like!

Hanizha Fatma, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 13:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 298 2002551 trik-memotret-makanan-agar-instagramable-langsung-dapat-banyak-like-utO6sRKMF5.jpg Trik memotret makanan agar instagramable (Foto: Caterwings)

Jika Anda sudah menggunakan Instagram cukup lama, mungkin bisa menjadi sudah menguasai filter-filter yang terdapat dalam aplikasi terebut. Namun, banyak orang yang masih kesulitan dalam menghasilkan foto makanan yang bagus dalam instagramnya. Bagaimana cara mendapatkan foto makanan yang instagramable?

Menurut Matt Armendariz seorang fotografer makanan profesional yang berbasis di LA dengan hampir 30 ribu pengikut di instagram, foto makanan yang baik selalu dimulai dengan cahaya terbaik yang bisa didapatkan.

Menemukan sumber cahaya yang bertentangan dengan arah datangnya sinar matahari langsung selalu lebih baik. Pesanlah sebuah meja di sebelah jendela, atau jika Anda berada di luar, mintalah di teras yang masih memiliki atap. Jika itu tidak mungkin, cobalah bawa piring Anda di sebelah jendela.

Satu hal yang tidak boleh dilakukan menurut Armendariz adalah menggunakan kamera atau flash ponsel smartphone Anda. “Foto makanan yang diambil dengan flash hanya membuatnya tampak seperti crime scene. Saya selalu memberi tahu orang jika ingin memotret makan malam, maka lakukanlah pada jam 5 sore,” katanya.

BACA JUGA: 5 Potret Seksi Anya Geraldine, Bikin Hotman Paris Panas Dingin!

Faktor penting lainnya yaitu sudut saat mengambil foto. Mengambil foto makanan di atas kepala menjadi sangat populer, dan menjadi hal yang bagus. Lensa kamera ponsel sedikit lebih lebar sehinga mengambil satu jepretan pizza selalu terlihat dengan baik, jelas Armendariz.

foto makanan

Anda juga bisa menambahkan konteks lain seperti memegang cappuccino, atau ada vas kecil dengan bunga di dalamnya. "Itu akan menambahkan konteks pesona dan rasa,” tambah Armendariz.

Membidik dengan latar belakang dinding juga merupakan gaya fotografi makanan yang sangat populer. Ini cocok ketika Anda ingin menekankan satu objek. “Ini cara yang bagus untuk membawa orang yang melihat fokus ke apa yang Anda pegang. Tangannya tepat di depan kamera, ada latar belakang yang kuat seperti dinding putih akan membuat yang melihat langsung menuju ke satu hal,” jelas Armendariz. Berbicara tentang latar belakang, beberapa makanan secara alami lebih indah dengan alat-alat pembuatnya, seperti loyang panggangan dan kue.

Selain itu, Anda juga bisa memindahkan piring ke lantai karena ubin cukup bagus, atau meletakan makanan di tepi meja dan mencoba mengambil bidikan yang lebih luas untuk menunjukkan latar yang lebih luas. Bisa juga mencoba meminta teman untuk memegang piring makanan, sehingga Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang sekitar restoran. Terkadang mendapatkan foto makanan terbaik membutuhkan kepercayaan diri untuk bertindak 'liar' di restoran.

Setelah mendapatkan foto yang sempurna, Anda bisa memberikan beberapa sentuhan seperti mengeditnya dengan aplikasi foto seperti VSCO, dan snapseed untuk menyesuaikan kontras, saturasi warna, tetapi jangan melakukannya secara berlebihan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini