nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eksploitasi Anak Menyebar dari Jalanan hingga Hollywood

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 21:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 11 196 2003349 eksploitasi-anak-menyebar-dari-jalanan-hingga-hollywood-jvGVuSCWuP.jpg Ilustrasi Eksploitasi Anak (Foto: Faridha/Okezone)

MITOS 'makan' daun muda bikin awet muda disinyalir membuat jumlah eksploitasi seks komersil terhadap anak-anak meningkat.

Penasaran ya kenapa anak-anak yang jadi incaran. Makhluk yang dikatakan lemah ini justru mudah dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Kenali modus-modusnya agar anak-anak di sekitar lingkungan Okezoners enggak jadi korban eksploitasi. Lantaran angka kejadiannya terpantau naik terus. Ngeri...

Selama ini, eksploitasi anak erat dengan jalanan. Dari pengamen, pengemis sampai tukang asongan termasuk kategori tindakan mengeksploitasi anak. Kisah-kisah pilu nan menggetarkan hati anak-anak jalanan yang menemukan secercah kasih di rumah singgah bakal dikuak oleh Okezone.

Dunia glamour selebritas pun tak luput dari upaya eksploitasi. Meski namanya tersohor, nyatanya banyak banget selebriti-selebriti remaja yang jadi korban eksploitasi. Ada pula artis Hollywood yang ternyata terindikasi sebagai pelaku eksploitasi anak. Ssttt...ingin tahu nama-nama mereka agar Okezoners bisa mendapat pelajaran berharga dari kisahnya? Klik lifestyle.okezone.com edisi Eksploitasi Anak.

Tindak eksploitasi anak memang rancu untuk diidentifikasi. Nih, Okezone bantu deh mengenalinya dengan memberikan empat judul film yang dianggap ada unsur-unsur eksploitasi anak. Coba Okezoners tonton dan belajar dari sana.

Saking sulitnya memahami makna dan bentuk eksploitasi anak, secara enggak sengaja, orangtua bisa saja melakukan tindakan tersebut. Bahkan dahulu ada kisah nyata tujuh artis yang sempat punya masalah serius dengan ibunya akibat merasa dieksploitasi. Sebut saja di antaranya Marshanda dan Arumi Bachsin.

Satu bentuk eksploitasi tentu saja penculikan anak. Sempat viral ada peringatan penculikan anak yang meresahkan masyarakat. Biar Okezoners siaga satu, nih ada cara ampuh untuk melindungi anak agar tak terjebak rayuan maut sang penculik.

Buat Okezoners yang punya keponakan usia remaja ataupun anak baru gede (ABG), ada tips mencegah anak remaja kabur dibawa lari pacarnya. Lantaran tindakan tersebut rentan berlanjut ke tindakan eksploitasi secara seksual lho. Ademin hati mereka dulu biar enggak merasa jauh dari kasih sayang orang terdekatnya.

Oh ya, jangan salah, eksploitasi anak juga ditemui di kawasan surga pariwisata. Biasanya anak-anak perempuan di bawah umur menjadi incaran para muncikari serta predator seks agar menjadi mesin penghasil uang. Okezone bakal sebutkan bentuk-bentuk pelanggarannya agar Okezoners berhati-hati serta awas ketika berada di area wisata. 

Hati-hati pula ketika Okezoners menyimpan obat penenang di rumah. Jauhkan dari jangkauan anak-anak agar mereka tidak overdosis dan celaka. Begitu pula saat mengendarai kendaraan bermotor. Coba cek kondisi knalpot kendaraan agar asap yang dihasilkan tak mengganggu pernafasan, terutama ketika berkendara bersama anak-anak.

Jadi yakinkan dirimu supaya terhindar dari bentuk-bentuk eksploitasi anak dengan mengenali dan menjauhi segala faktor penyebabnya. Cukup dengan cari tahu dan membaca artikel-artikel Okezone Weekend yang bakal dipublikasikan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 12-13 Januari 2019. Jangan ragu untuk menebar kasih sayang bagi para malaikat kecil!

Baca Juga : Intip Foto Cincin Tunangan Syahrini, Katanya dari Reino Barack

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini