nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelebihan Lemak di Pinggang Bikin Otak Menyusut?

Adinda Harum, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 07:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 11 481 2002883 kelebihan-lemak-di-pinggang-bikin-otak-menyusut-DcrrEUGLvA.jpg Pinggang kelebihan lemak (Foto:Dailymail)

MEMILIKI lemak pada bagian pinggang dan perut dianggap sebagai yang buruk untuk kesehatan tubuh. Bahkan sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kelebihan lemak di pinggang dan pinggul akan berdampak buruk bagi otak Anda loh.

Sebuah ilmuwan telah menemukan hubungan antara kelebihan lemak tubuh dan penyusutan otak. Orang yang obesitas dan memiliki rasio pinggang dan pinggul yang berlemak memiliki rata-rata volume otak yang sedikit lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki berat badan sehat loh.

loading...

BACA JUGA:  5 Potret Seksi Anya Geraldine, Bikin Hotman Paris Panas Dingin!

“Penelitian kami telah mengamati sekelompok besar orang dan menemukan obesitas, khususnya di bagian tengah, mungkin terkait dengan penyusutan otak," kata Mark Hamer, dari Loughborough University. Tidak jelas apakah obesitas dapat menyebabkan kelainan struktur otak atau sebaliknya, tambahnya.

Sebelumnya penelitian ini telah mensurvei 9.652 orang dengan usia rata-rata 55 tahun. Selain itu, temuan ini juga telah memperhitungkan beberapa faktor lain seperti kebiasaan merokok, dan tekanan darah tinggi. Dari seluruh kelompok, 19% terbukti mengalami obesitas berdasarkan indeks massa tubuh (BMI), suatu pengukuran yang menghubungkan berat dan tinggi badan. Melansir dari Insider, Jumat, (11/01/19).

 

Secara khusus, diantara kelompok dengan BMI lebih tinggi, mereka yang memiliki pinggang lebih tebal ditemukan mempunyai volume otak materi abu-abu yang lebih rendah daripada mereka yang lebih ramping loh. Pencitraan MRI juga digunakan untuk menentukan volume otak peserta di berbagai bagian otak. Volume otak materi abu-abu terendah, terlihat pada 1.291 peserta, dengan 786 sentimeter kubik. Ini menandakan secara signifikan lebih rendah dari 798 sentimeter kubik yang terlihat pada 3.000 orang "berat badan sehat".

BACA JUGA:  Angelina Jolie Masuk Rumah Sakit?

Besarnya lemak pada pinggang Anda juga akan berdampak pada penurunan daya ingat dan risiko demensia yang lebih tinggi loh. Tetapi penelitian tentang apakah lemak tubuh ekstra bersifat protektif atau merusak ukuran otak masih belum dapat dibuktikan.

Namun, studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neurology, tidak menemukan kaitan antara kedua hal tersebut. Bahkan mereka mengatakan, belum ada pembuktian bahwa banyak lemak di perut dapat menyebabkan penyusutan pada otak Anda. Menurut jurnal Neurology, mereka melihat kemungkinan adanya volume materi abu-abu yang lebih rendah di area otak orang-orang dengan obesitas. Namun itu masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mencari tahu alasan tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini