nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anjing Peliharaan Bisa Berdoa Sebelum Makan, Bagaimana Cara Melatihnya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 17:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 12 196 2003568 anjing-peliharaan-bisa-berdoa-sebelum-makan-bagaimana-cara-melatihnya-6Nd9QmLDcW.jpg Anjing peliharaan bisa dilatih berdoa (Foto: Istimewa)

MENGUCAP doa sebelum makan memang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia. Sebagai orang yang beriman, mengucap syukur atas berkat dan rejeki yang diberikan Tuhan memang harus dilakukan sepenuh hati.

Mungkin melihat orang berdoa sebelum makan telah menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Namun, bagaimana halnya dengan seekor anjing? Tentunya agak sedikit aneh ketika melihat seekor anjing berdoa sebelum memulai makan.

Biasanya anjing dengan lahap memakan aneka kudapan yang ada di hadapnnya tanpa memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Namun berbeda halnya dengan tiga anjing pintar yang ada dalam video ini. Dengan sabar ketiga anjing tersebut menunggu hingga tiba saatnya makan. Bahkan anjing tersebut terlihat serius saat doa sedang dipanjatkan.

BACA JUGA : Viral Pengemis Pura-Pura Cacat Terciduk, Videonya Kocak!

Adalah Romo Surya Purnawan, ya di tangan beliau, anjing-anjing ini terlihat patuh dan terlatih untuk berdoa dan mengucap syukur. Tentu ini bukan hal yang aneh, pasalnya Romo Surya adalah seorang pencinta anjing dan telah merawat mereka sejak kecil. Ia mengaku telah mempelajari cara merawat anjing dengan baik dari media sosial.

 

“Dari situ saya menyadari anjing adalah hewan yang paling setia. Selain itu ketika sudah dipelihara dengan baik, mereka kembali mencintai semua orang. Dari kecil saya sudah mengajari anjing-anjing ini untuk duduk dulu sebelum makan,” tutur Romo Surya, saat diwawancarai Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Romo Surya juga mengaku mengajari para anjingnya dengan kasih sayang. Ia sama sekali tidak mengajari anjing-anjing tersebut dengan kekerasan. Hal tersebutlah yang membuat anjing-anjing tersebut terbiasa dan selalu melakukan hal tersebut hingga saat ini.

“Perlu dicatat anjing jangan diajari dengan kekerasan, saya hanya menyuruhnya duduk sebelum makan. Tiap hari saya melakukan hal tersebut dan lama kelamaan menjadi prilaku yang berulang (kebiasaan),” sambungnya.

 

Romo Surya mengatakan sebagai makhluk hidup sudah sebaiknya untuk bersyukur terhadap semua berkat yang telah diberikan oleh tuhan. Sebagai seorang pemuka agama, ia pun ingin menyalurkan energi positifnya kepada makhluk hidup yang paling dekat dengannya.

“Mereka juga seekor makhluk hidup yang harus bersyukur akan berkat Tuhan. Lalu saya selipkan kebiasaan berdoa hingga sekarang untuk mensyukuri anugerah tuhan. Saya sebagai imam, tetunya ingin mengajari mereka semua untuk mensyukuri semua yang tuhan berikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, percayakah anjing yang dimiliki Romo Surya bisa belajar dengan cukup cepat? Romo Surya mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk membiasakan peliharaan kesayangannya tersebut berdoa sebelum makan

“Saya mengajari mereka cukup cepat, kurang lebih dalam waktu satu minggu, mereka sudah mulai memiliki kebiasaan itu. Ketika saya mengetahui mereka tidak langsung makan ketika piring sudah disajikan, maka dari situ saya berpikir bahwa mengajak mereka bersyukur adalah cara yang baik,” terang Romo Surya.

Dalam video yang diambil pada Senin 7 Januari 2019 tersebut, Romo Surya terlihat melambaikan tangannya untuk mengucap doa makan. Setelah selesai, ia baru memberikan aba-aba kepada ketiga anjingnya agar bisa menyantap hidangan yang ada di hadapannya.

 

“Jadi langkah pertamanya itu saya suruh mereka duduk terlebih dahulu, kemudian doa sebelum makan. Setelah berdoa maka saya akan memberikan aba-aba supaya mereka bisa memulai makan,” sambungnya.

Tentu saja melatih anjing untuk menjadi sepintar ini memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Romo Surya mengaku bahwa anjing mudah sekali terdistraksi. Alhasil ia harus kembali memanggil namanya agar tetap fokus supaya bisa melanjutkan doa sebelum makan.

“Tentunya ada kesulitan tersendiri saat mengajari anjing untuk bisa seperti ini. Salah satunya adalah anjing mudah terdistraksi, teralihkan perhatiannya dan terpecah kosentrasinya. Namun, saya rutin terus melakukan hal ini hingga dua tahun lamanya,” lanjutnya.

 

Romo Surya mengatakan bahwa inti dari semua yang ia ajarkan kepada hewan peliharaannya adalah kasih sayang. Dengan kasih sayang, maka hewan akan kembali mengasihi manusia. Ia juga tak pernah mendidik anjingnya agar nurut dengan tindakan kekerasan.

BACA JUGA : Bertemu Jokowi, Agnez Mo Pakai Aksesoris yang Totalnya Mencapai Rp1,2 Miliar

“Kuncinya adalah saya memperlakukan hewan dengan kasih sayang. Ketika mereka sakit, maka saya menemaninya, setiap seminggu saya mandikan dan tidak diperlakukan dengan kasar karena mereka memiliki perasaan,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini