nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Situs Belajar Online yang Bikin Kamu Makin Pintar Tanpa Biaya Mahal

Yosua Tobing, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 14:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 13 196 2003797 5-situs-belajar-online-yang-bikin-kamu-makin-pintar-tanpa-biaya-mahal-OTvMDETOzw.jpg Belajar secara online (Foto: Ilustrasi/ Pixabay)

ADA orang bijak yang berpetatah, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Tapi di zaman yang sudah melek teknologi, untuk melakukan itu tidak harus pergi jauh dan menghabiskan biaya mahal. Sebab, kamu dapat belajar secara mandiri melalui situs-situs belajar online yang bertebaran di dunia maya. Berikut ini adalah 5 situs belajar online yang menawarkan tempat belajar suatu keahlian yang dapat kamu ikuti untuk mengembangkan bakat dan kemampuan.

Baca juga:

1.Squline

Situs belajar online yang pertama bernama Squline, yang pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan online dimana Anda dapat menjajal cara baru dalam belajar bahasa asing. Melalui layanan yang ditawarkan, Anda dapat belajar bahasa Inggris tanpa batasan tempat, bisa diikuti dari rumah, kantor, atau bahkan di sebuah taman selama tersedia koneksi internet.

Brainly

Merantau jauh dari Polandia, Brainly menjadi salah satu tempat dimana para siswa dari sekolah dasar hingga menengah atas dapat menimba lebih banyak ilmu melalui berbagai modul pelajaran dan tugas-tugas berupa soal. Melalui platform ini siswa juga dapat membantu memberikan jawaban. Begitu siswa menjadi member, maka akan memperoleh akses ke 19 mata pelajaran yang sebagian besar sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia, seperti misalnya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn.

Teddy Inda

Yayasan Teddy Yulianto meluncurkan aplikasikan belajar untuk pelajar SD hingga SMA. Aplikasi ini launching tepat pada 1 januari 2019. Teddy menjelaskan, untuk dapat mengikuti belajar online ini harus terlebih dulu men-download aplikasi 'Teddy Inda' di playstore. "Selanjutnya registrasi. Sangat mudah mendaftarnya," ujarnya.

Pendiri lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Flying Star dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Starisa School ini menyebutkan belajar online ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi dalam pembelajaran di masyarakat.

"Konten-konten di aplikasi belajar online ini diupayakan semenarik mungkin. Dengan begitu anak-anak tertarik menggunakam aplikasi ini. Ya belajar sambil bermain,” papar Teddy.

saat ini di aplikasi 'Teddy Inda' baru tersedia materi pembelajaran untuk SD, SMP dan SMA. Secara bertahap juga akan ada muatan untuk PAUD dan TK. Lanjutnya, kegiatan belajar online ini merupakan cikal bakal akan terbentuknya Universitas Terbuka (UT). Katanya, segala sesuatu harus dirintis dari bawah.

Tak hanya itu, di aplikasi ini juga akan menyediakan materi-materi keahlian (skill) seperti teknik mesin, pariwisata, UMKM rumah tangga, sampai ekonomi kreatif. Di kesempatan ini Teddy juga mensosialisasikan program Kejar Paket A, B dan C, khususnya bagi warga yang putus sekolah. Aktivis pendidikan ini menyebut program ini tidak dipungut biaya seperser pun alias gratis. "Sampai dapat ijazah," tuturnya.

Udemy

Di Udemy Anda dapat belajar tentang banyak hal secara lebih mendalam. Sebab disediakan kelas-kelas khusus tergantung minat Anda. Di kelas tersebut akan ada instruktur yang siap memberikan panduan sampai mahir. Anda juga diberikan akses interaktif dan juga dokumen pendukung untuk belajar di rumah. Udemy cocok untuk Anda yang ingin serius mendalami bidang yang Anda minati. Beberapa topik yang diajarkan, antara lain desain grafis, desain web, java, Microsoft Office, fotografi, Phyton Programming, kesehatan, marketing, keuangan, dan lain-lain.

Ilmu Grafis

Jika ke empat situs di atas merupakan layanan pendatang, Ilmu Grafis ini adalah salah satu situs belajar online yang asli dibuat oleh anak negeri. Melalui situs resminya ilmugrafis.com, founder membagikan ilmu desain grafis secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Ada banyak tutorial yang disajikan secara gratis dan gamblang lengkap dengan gambar. Mencakup tutorial animasi menggunakan Flash atau Swishmax. Kemudian desain 3D menggunakan 3dsMax, AutoCAD, Cinema 4D, atau edit video dengan After Effect maupun Pinnacle.

Ilmu Grafis menghantarkan kita di penghujung artikel. Semoga dari di antara lima situs belajar online tersebut, Anda dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas diri.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini