nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susah Tidur? Ikuti Tips Cepat Tidur Dalam 2 Menit ala Militer

Adinda Harum, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 13 481 2003783 susah-tidur-ikuti-tips-cepat-tidur-dalam-2-menit-ala-militer-Sr29oZJRkn.jpg Tidur ala Militer (Foto: Hellomagazine)

Siapa yang tak ingin memiliki jam tidur teratur dan tepat waktu? Tentu semua orang ingin, tapi ini adalah masalahnya. Sebagian banyak orang bahkan susah tidur saat di malam hari padahal itu waktu yang tepat untuk Anda beristirahat dan mengisi energi.

Kita semua tahu bahwa terlalu sedikit tidur bisa berefekburuk pada kesehatan. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga mengakibatkan kesehatan mental yang terganggu, kesehatan kulit serta pengendalian berat badan. Tetapi untuk bisa tidur cepat dan pulas rasanya sulit untuk dikuasai, lantas bagaimana caranya?

Baca juga:

Jangan khawatir, ada cara mudah bagi Anda yang mengalami masalah tidur. Melansir dari Hello Magazine, Senin (14/1/2019) untuk bisa tidur cepat ternyata militer memiliki tips simpel sehingga Anda bisa tidur hanya dalam dua menit loh. Penasaran? Simak yuk!

Menurut buku 'Relax and Win: Championship Performance', oleh Llloyd Bud Winter, yaitu tentang bagaimana para atlet maupun tentara bersantai menjelang kompetisi. Trik ini mengklaim Anda bisa tidur hanya dalam dua menit dan memiliki tingkat keberhasilan 96% loh. Trik ini meliputi relaksasi, visualisasi, dan pengulangan semua dalam 120 detik dan ini cara kerjanya:

Pertama, relakskan otot-otot di wajah Anda, termasuk rahang, lidah, dan otot-otot di sekitar mata. Biarkan bahu Anda jatuh, dan rilekskan kedua sisi lengan atas dan bawah. Tarik napas, jaga agar dada tetap rileks. Relakskan bagian atas dan bawah kaki Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah itu dengan visualisasi

Lalu Anda juga harus membayangkan dirimu berbaring di sebuah kano di danau yang tenang dengan langit biru di atasnya. Kedua bayangkan dirimu meringkuk di tempat tidur gantung beludru hitam di sebuah ruang gelap gulita. Ketiga, ulangi kata-kata "jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir" dalam pikiranmu selama 10 detik

Selanjutnya Anda harus mengulangi frasa ini, katakan "jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir" selama sekitar 10 detik. Teknik ini pun masih digunakan hingga saat ini oleh para militer loh. Di tengah situasi genting, militer harus tetap menjaga kualitas tidur. Maka metode ini diterapkan agar bisa segera memejamkan mata hanya dalam dua menit.

Sangat mudah bukan? So, selamat mencoba ya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini