nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati Hati Sering Menatap Lama Layar Ponsel, Bisa Bikin Anda Buta

Adinda Harum, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 481 2004131 hati-hati-sering-menatap-lama-layar-ponsel-bisa-bikin-anda-buta-eqBG8Pl264.jpg Sakit mata karena ponsel (Foto: Modernafrica)

CANGGIHNYA teknologi telah memudahkan manusia untuk melakukan perkerjaan, salah satunya ponsel. Bahkan semua orang menghabiskan waktu mereka dengan menatap layar ponselnya untuk mengirim pesan kepada teman-teman, mengejar berita, membaca buku, dan bekerja. Tapi apakah Anda tahu bahwa cahaya layar ponsel itu berbahaya untuk kesehatan mata?

Melansir dari Hello Magazine, Senin (14/01/2019). Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh para ilmuan Unversity of Teledo di Amerika, mengungkapkan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, hingga tablet dapat merusak mata Anda.

Hal yang menakukannya lagi bahwa cahaya tertentu dapat menyebabkan sel-sel fotoreseptor di retina mati, atau dikenal sebagai degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan loh.

 Baca Juga:  Intip Potret Seksi Agnez Mo, Bikin Kaum Pria Enggan Berkedip

Menurut Dr. Ajith Karunarathne, asisten profesor di Departemen Kimia dan Biokimia UT, Unversity of Teledo , "Kami terpapar cahaya biru terus menerus, kornea mata dan lensa tidak dapat menghalangi atau memantulkannya. Cahaya biru pada perangkat tersebut dapat merusak penglihatan kita dengan merusak retina mata. Eksperimen kami menjelaskan bagaimana ini terjadi, dan kami berharap ini mengarah pada terapi yang memperlambat degenerasi makula, seperti jenis baru tetes mata."

 

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa paparan cahaya biru pada layar seperti ponsel menyebabkan retina rusak dan memicu reaksi yang menghasilkan molekul kimia beracun dalam sel fotoreseptor. Pada dasarnya, cahaya biru membuat retina membunuh sel fotoreseptor yang kita butuhkan untuk penglihatan dan bahkan lebih mengkhawatirkannya lagi, sel tersebut tidak dapat beregenerasi.

Jangan khawatir, para peneliti telah menemukan bahwa molekul 'alpha tocopherol' yang berasal dari vitamin E, dapat mencegah kematian sel. Dr John Payton, asisten profesor tamu di Departemen Kimia dan Biokimia UT, mengatakan, "Jika Anda melihat jumlah cahaya yang keluar dari ponsel Anda, itu tidak bagus tetapi tampaknya dapat ditoleransi. Beberapa perusahaan telepon seluler menambahkan filter cahaya biru ke layar, dan saya pikir itu ide yang bagus. "

Baca Juga: Seksinya Irish Bella Pakai Hot Pants, Pasti Bikin Gagal Fokus

Ajith Karunarathne memiliki beberapa saran lebih lanjut untuk melindungi mata Anda dari cahaya biru pada ponsel. Dia menyarankan memakai kacamata hitam untuk menyaring sinar UV dan cahaya biru di luar dan mencoba untuk tidak melihat layar dalam gelap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini